nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Telur dalam Telur, Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Wisnu Kurniawan , Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 04:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 12 298 2042618 ada-telur-dalam-telur-kok-bisa-ini-penjelasan-ilmiahnya-Epbo1dpP1U.jpg Telur dalam telur (Foto:Ilustrasi/Ist)

TELUR sudah menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Kandungan protein yang tinggi, membuat telur digemari. Selain dimakan bersama makanan pokok, telur juga menjadi bahan olahan masakan. Mungkin, kalian pernah ingat tentang sebuah telur yang memiliki dua bagian kuning telur. Untuk sekarang itu sudah sering ditemukan.

Tetapi, ada sebuah fenomena yang menakjubkan terjadi. Seperti video yang diposting salah satu akun Instagram @infooke. Di video tersebut menunjukkan ada telur di dalam telur. Sebuah fenomena yang jarang muncul ini dikenal dengan counter-peristalsis contraction. Biasanya terjadi ketika telur kedua mulai terbentuk sebelum telur pertama keluar dari sistem reproduksi ayam betina. Namun, sangat jarang sekali ada telur dalam telur yang bentuknya sempurna. Terlebih lagi ukurannya bisa berbeda dalam satu inkubasi dan ayam mengeraminya secara bersama-sama.

ukurannya bisa berbeda dalam satu inkubasi dan ayam mengeraminya secara bersama-sama

Dalam kasus tersebut, seperti dilansir Countrysidenetwork, menjelaskan biasanya ayam betina melepaskan oosit (sel telur yang menjadi kuning telur) dari ovarium kirinya ke dalam saluran telur setiap 18-26 jam. Oosit bergerak melalui saluran oviduk telur ayam, lalu mengumpulkan kulit yang tipis dan bagian putih telur. Jika telur yang sepenuhnya terbentuk kembali ke dalam saluran telur dari rahim ayam, bagian putih telur yang masih terbentuk itu akan berkumpul di sekitarnya. Jarang sekali terjadi ovulasi susulan sebelum telur terbentuk sepenuhnya. Sangat jarang jika ada telur yang tersedot kembali ke sistem reproduksi ayam. Proses terbentuknya telur lain terjadi di dalam dan membungkus telur yang tidak jadi keluar tadi.

Baca Juga:

Viral, Turun dari Jet Pribadi Zaskia Gotik Kenakan Sandal Jepit Seharga Rp20 juta?

Anti Mainstream, Gaun Pengantin Ini Bermodel Jumpsuit Transparan

Kalau diperhatikan video itu, telur yang ada di dalamnya lebih kecil. Keunikan ini terlihat saat cangkang telur yang berukuran agak besar itu dipecahkan, bukan hanya kuning telur yang terlihat sempurna, juga ada telur utuh di dalamnya. Telur yang ada di dalam tersebut juga memiliki cangkang yang keras, sama seperti telur yang di luar. Kalau menemukan telur seperti itu, apakah kalian akan memakannya?

Fenomena ini telah ditonton sebanyak 100 ribu kali. Para netizen juga banyak yang mengomentarinya, bahkan ada yang heran melihatnya. Berikut komentar dari para netizen.

“Pertanyaannya adalah kenapa mereka bisa tahu kalau dalam telur ada telur sehingga mereka merekam dan mengabadikan momen tersebut? Apakah mereka mempunyai kekuatan mata transparan? mohon di jawab, saya tersesat dalam kebuntuan ini,” tulis akun @zefanyapalidan

“Kalo asli sampe netes nanti anak ayamnya dempet,” tulis akun @ridofadliansyah

“Beli 1 gratis 1,” tulis akun @epamahendra

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini