nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Tato Suci Sak Yant yang Digilai Dunia

Rahma Yulita, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 16:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 12 611 2042773 mengenal-tato-suci-sak-yant-yang-digilai-dunia-67mTk3dhvF.jpg Tato suci dari Thailand (Foto:Wanderlust)

SEJAK dahulu tato dipercaya sebagai simbol keberuntungan, status sosial, identitas, kecantikan, dan kedewasaan. Tapi tahukah Anda ada tato suci yang digilai ribuan orang. Tato suci itu adalah tato Sak Yant.

Setiap tahun, biasanya pada awal Maret lebih dari 10.000 orang membanjiri Wat Bang Phra, kuil Budha sekitar 30 mil sebelah barat Bangkok. Kuil yang terkenal karena tato sucinya untuk mengikuti tradisi yang dikenal sebagai Sak Yant.

Dikutip dari Wanderlust tato Sak Yant termasuk dalam tato tradisional yang unik, karena dilakukan oleh seorang biksu. Arti dari kata Sak dan Yant secara berurutan ialah tusukan dan tato yang diberkati, maka tato Sak Yant merupakan tato yang didesain dan didoakan oleh Budha, dan terukir di kulit oleh seorang biksu.

 Dalam pembuatannya biksu menentukan desain yang dibutuhkan setelah membaca aura orang yang ingin ditato.

Baca Juga:

Viral, Turun dari Jet Pribadi Zaskia Gotik Kenakan Sandal Jepit Seharga Rp20 juta?

5 Keburukan Sifat Aries yang Perlu Diketahui

Dalam pembuatannya biksu menentukan desain yang dibutuhkan setelah membaca aura orang yang ingin ditato. Sedangkan penempatannya biasanya di punggung dan dada. Bagi orang budhha jiwa diyakini berada di kepala, sehingga semakin dekat tato dengan kepala, semakin banyak kekuatan yang dimiliki.

Seperti yang diajarkan turun - temurun, membuat tato Sak Yant menggunakan duri bambu atau batang logam yang dipertajam untuk memasukkan tinta ke dalam kulit dengan tusukan cepat. Prosesnya belum menyimpang dari akar tradisionalnya, dan di situlah letak penguasaannya. Mengetuk tangan membutuhkan tangan yang sangat mantap dan pikiran yang fokus. Setelah Sak Yant selesai dibuat, Biksu melakukan nyanyian kemudian meniupkan doa ke dalam kulit untuk mengaktifkan kekuatan tato.

Mungkin dari situlah mengapa tato ini dianggap suci dan digilai ribuan orang. Artis duniapun sudah mempunyai tato ini contohnya Angelina Jolie.

Legenda mengatakan bahwa Thailand tidak pernah diduduki oleh negara asing berkat (Tentara Hantu) tentara Thailand yang tidak terlihat oleh mata penjajah, berkat kekuatan tato Sak Yant mereka. tato ini juga dapat memberi kekuatan super pada pejuang Muay Thai, melindungi pelatih gajah dari serangan, bahkan kebal peluru.

“Tradisi Sak Yant bukan hanya animisme dan Buddhisme dipraktikkan berdampingan, tetapi lebih merupakan sistem magis yang terintegrasi di mana tidak ada yang bisa ada tanpa yang lain.” Joe Cummings, penulis buku Sacred Tattoos of Thailand

Sak yant kini menjadi tato yang suci bagi beberapa orang yang mempercayainya, beberapa model desain yang paling terkenal misalnya:

1.Paed Tidt

"Eight Direction Yant" ini berisi delapan mantra yang ditulis dalam dua lingkaran konsentris. Desain ini dipercayai memberi perlindungan ke arah mana pun pimiliknya bepergian dan menangkal kejahatan.

 Desain ini dipercayai memberi perlindungan ke arah mana pun pimiliknya bepergian dan menangkal kejahatan.

2. Gao Yordan

"Sembilan menara" mewakili sembilan puncak Gunung Meru, pusat alam semesta dalam mitologi Buddha dan Hindu. Seorang Budha kecil duduk di atas setiap puncak menara dengan sebuah lambang di atasnya mewakili jalan menuju pencerahan. Unaalome adalah spiral yang melambangkan jalan kehidupan, mula-mula berkelok-kelok melalui gangguan kehidupan sehari-hari di dunia, kemudian secara bertahap menjadi lebih lurus ketika kita bertambah tua dan lebih bijaksana. Desain menandakan jalan menuju kebahagiaan abadi yang luar biasa, atau pencerahan sejati.

Desain menandakan jalan menuju kebahagiaan abadi yang luar biasa, atau pencerahan sejati.

 

3.Hah Taew

 Ayat-ayat ini memberikan berbagai kekuatan, termasuk cinta kasih, keberuntungan

"Lima garis sakral" melambangkan berkah sakral yang berbeda yang dianugerahkan oleh ajarn, masing-masing diselingi oleh unaalome. Ayat-ayat ini memberikan berbagai kekuatan, termasuk cinta kasih, keberuntungan, perlindungan dari kejahatan, dan pesona atau karisma yang hebat.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini