nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkenalkan si Cantik Katie Bouman, Sosok di Balik Foto Pertama Lubang Hitam

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 12 April 2019 12:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 12 612 2042450 perkenalkan-si-cantik-katie-bouman-sosok-di-balik-foto-pertama-lubang-hitam-upqN86kyPD.jpg

NAMA ilmuwan muda Katie Bouman mendadak kondang. Dia menjadi topik pembicaraan dan headline pemberitaan media di berbagai belahan dunia.

Katie, alumnus ilmuwan komputer MIT, dianggap sebagai salah satu orang yang paling berperan di balik foto pertama lubang hitam. Algoritma kreasinya berhasil mengarahkan kamera pada gambar nyata pertama dari lubang hitam alias black hole. Foto ini memperlihatkan cahaya halo yang berasal dari dari debu dan gas angkasa yang sedang tersedot ke lubang hitam yang berjarak 500 juta triliun kilometer dari bumi.

Perjuangan Katie untuk bisa menampilkan foto gambar lubang hitam atau black hole untuk pertama kalinya tidaklah mudah. Wanita 29 tahun ini mencurahkan waktu selama bertahun-tahun untuk pencarian lubang hitam.

Ketika Katie menjadi mahasiswa pascasarjana di MIT, ia memimpin tim yang bergerak di bidang pengembangan algoritma yang membantu menangkap gambar pertama black hole. Dia bekerja dengan tim dari MIT dan Harvard. Katie memimpin pengujian selama beberapa tahun terakhir untuk memverikasi gambar lubang hitam.

Hingga akhirnya pada Rabu, 10 April 2019 foto black hole alias lubang hitam dan lingkaran api yang menyala untuk pertama kalinya dirilis ke publik. Foto lubang hitam berhasil ditangkap oleh teleskop Event Horizon (EHT), sebuah jaringan delapan teleskop yang terhubung satu sama lain, yang gambarnya diunduh melalui algoritme buatan Bouman.

Atas prestasi gemilang ini pun, para pengguna media sosial mendorong Katie untuk mendapatkan haknya, kredit atas kerja kerasnya selama ini.

“Selamat kepada Katie Bouman, sosok yang di mana kami berutang padanya atas foto pertama black hole. Tidak melihat namanya beredar cukup banyak di media. Kamu telah mengerjakan pekerjaan dengan mengagumkan, dan lihatlah di sini semakin banyak wanita di ilmu sains yang mendapatkan kredit dan diingat dalam sejarah,” tulis salah satu pengguna Twitter, Tamy Emma Pepin.

Tidak hanya Tamy, politikus wanita perwakilan New York, Alexandria Ocasio-Cortez juga mengunggah cuitan bahwa Katie harus masuk catatan sejarah.

“Selamat dan terima kasih atas kontribusi Anda yang sangat besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan umat manusia. "Ini untuk #WomenInSTEM!,” bunyi cuitan Alexandria.

Banyak menuai pujian atas keberhasilannya yang gemilang ini, Katie sendiri disebutkan meresponnya dengan rendah hati. Ia mengatakan, keberhasilan dirinya ini tidak luput dari bantuan banyak orang.

“Tidak satu orang pun dari kita yang bisa melakukan ini sendiri. Ini hasil bersama dari banyak orang yang datang dari berbagai latar belakang,” ungkap Katie ketika diwawancara CNN. 

Katie sendiri sekarang diketahui beraktivitas sebagai asisten profesor bidang komputasi dan ilmu matematika di California Institute of Technology. Demikian seperti diwarta Nypost, Jumat (12/4/2019).

Baca Juga : Kiat Cerdas agar Anak Tidak Kecanduan Main Gadget

Lubang hitam yang tak bisa disaksikan dengan mata telanjang ini berdiameter sekira 40 miliar kilometer atau tiga juta kali ukuran bumi. Lubang ini dipindai selama 10 hari di galaksi Messier 87, lima ratus triliun kilometer dari bumi.

Profesor Heino Falcke dari Radboud University Belanda, menyatakan bahwa lubang hitam lebih besar ukurannya daripada ukuran keseluruhan tata surya.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini