nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendukung Jokowi-Ma'ruf Kenakan Kostum dengan Sentuhan Nusantara di GBK

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 14:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 13 194 2043049 pendukung-jokowi-ma-ruf-kenakan-kostum-dengan-sentuhan-nusantara-di-gbk-gze7vkahAJ.jpg Kostum unik di GBK (Foto: wibowoarifp/Instagram)

Ribuan pendukung calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Joko Widodo (Jokowi) dan KH. Ma'ruf Amin hari ini memadati komplek Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta. Mereka datang untuk ikut memeriahkan kampanye akbar bertajuk Konser Putih Bersatu. Acara tersebut digelar di Stadion Utama GBK.

Para pendukung sudah berbondong-bondong datang sejak pagi tadi. Banyak dari mereka yang datang bersama dengan rombongan. Rata-rata mengenakan busana seragam yang sudah disepakati. Tapi ada pula yang datang dengan kostum unik. Salah satunya yang memiliki sentuhan Nusantara.

Okezone telah merangkum kostum bernuansa Nusantara di kampanye akbar tersebut, Sabtu (13/4/2019). Berikut ulasannya :

1. Kostum penari

 

Berdasarkan unggahan video dari akun Instagram @wibowoarifp, diketahui ada rombongan pendukung yang menggunakan kostum penari. Rombongan itu tergabung dalam 'Penari Lima Gunung'. Mereka mengenakan kostum bernuansa emas lengkap dengan selendang dan topeng.

 Baca Juga: Kampanye Akbar Jokowi-Ma'ruf Amin, Lini Masa Heboh Meme Gemasnya!

2. Payung merah putih

 

Para pendukung yang turut hadir memenuhi seluruh bagian stadion. Mulai dari bangku penonton hingga tengah lapangan yang sudah dilapisi kayu. Mereka yang berada di tengah lapangan mengenakan atribut payung berwarna merah putih seperti yang terlihat di foto ini. Payung tersebut tentu berguna untuk melindungi tubuh mengingat cuaca di sana cukup terik.

3. Sarung merah putih

 

Kostum dengan sentuhan Nusantara lainnya adalah sarung khas Indonesia yang bermotif kotak-kotak dengan paduan warna merah putih. Dalam foto yang diunggah oleh akun Instagram @benedictasembodo, terlihat mereka yang mengenakan sarung merah putih itu adalah ibu-ibu. Ada pula yang mengenakan sarung warna lain dengan paduan hitam, abu-abu, dan merah.

 Baca Juga: 5 Spot Instagramable di Konser Putih Bersatu di GBK

4. Kebaya

 

Selanjutnya dalam cuplikan video yang diunggah oleh akun Instagram @perjuangan_abadi, terlihat seorang nenek ikut dalam kampanye. Nenek tersebut mengenakan kebaya kutu baru bermotif bunga yang dipadukan dengan kain jarik berwarna coklat. Dirinya tampak asyik berjoget dengan kostum tersebut.

5. Hiasan kepala

 

Terakhir ada sekumpulan ibu-ibu yang mengikuti kampanye dengan mengenakan kaus putih dan hiasan kepala. Hiasan kepala tersebut terbuat dari bulu-bulu burung serta memiliki motif khas. Hiasan kepala ini sering dilihat pada busana adat dari Kalimantan dan Papua.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini