nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kreatif, Cara Ibu-Ibu di China Tutupi Luka Bekas Sesar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 13:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 13 611 2043016 kreatif-cara-ibu-ibu-di-china-tutupi-luka-bekas-sesar-Jb6nHtyaw5.JPG Tato untuk tutupi bekas sesar (Foto:Reuters)

MEMILIKI jumlah populasi terbesar di dunia, tak heran bila China memiliki tingkat kelahiran caesar paling tinggi dibandingkan negara-negara lainnya. Sebagaimana diketahui, operasi ini meninggalkan banyak luka pada bagian perut sang ibu.

Karena hal itulah, seniman tato asal Shanghai, Shi Hailei menawarkan cara ampuh untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka. Apalagi kalau bukan menato luka-luka bekas caesar.

Salah seorang ibu bernama Wang Jing mengungkapkan bahwa, pada awalnya ia sudah mencoba beragam krim kosmetik dan melakukan serangkaian operasi untuk menghilangkan bekas luka. Namun hal tersebut tidak membuahkan hasil yang maksimal.

Alhasil, Wang memutuskan untuk menutup luka bekas caesar itu dengan menato bagian perutnya.

Eason Zhou, 28, mother of a 5-year-old child, shows off her tattoo.

"Setiap kamu sedang beraktivitas atau mencoba meraih sesuatu, perutmu akan terbuka. Tampilannya tidak terlihat bagus," kata Wang, 46 tahun, tentang bekas luka dari operasi caesar kelahiran putri keduanya, 10 tahun yang lalu.

Sekadar informasi, menurut hasil laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 2010, peningkatan operasi caesar di China sempat mencapai puncaknya antara 2004 dan 2008. Pada saat itu, hampir separuh bayi di negara itu lahir melalui caesar.

Wang Jing, 46, waits for tattoo artist Shi Hailei to transfer a tattoo design onto her caesarean delivery scar.

Hong Kong juga memiliki angka yang tinggi, dengan lebih dari 41% kelahiran melalui operasi caesar atau hampir dua kali lipat dari rata-rata perekonomian penduduknya yang hanya menyentuh angka 21%.

Baca Juga:

Intip Liburan Salmafina Sunan di Bali, Seksi Berbikini!

Tato Tertua Ditemukan di Indonesia, Bentuknya seperti Apa?

Meningkatnya tren operasi caesar di kalangan ibu hamil juga menciptakan pasar khusus krim kosmetik dan operasi plastik yang ditujukan untuk menyembunyikan bekas luka sepanjang 10-15 cm.

Beberapa wanita bahkan rela menghabiskan hingga 300 yuan atau setara dengan hanya untuk membeli satu botol gel silikon 30 ml. Gel ini digadang-gadang dapat menghilangkan bekas luka pada perut mereka. Tak sedikit pula yang memilih melakukan operasi laser seharga 2.000 yuan untuk setiap sentimenter bekas luka.

Sementara itu, seniman tato Shi Hailei mengatakan, ia menawarkan alternatif baru bagi para ibu yang tidak puas dengan hasil penggunaan gel dan operasi laser yang telah mereka lakukan.

"Tato membuat wanita lebih percaya diri. Dia tidak akan lagi merasa malu untuk menunjukkan perutnya, kata Shi, pemilik Samurai Tatto di Kota Shanghai, China.

Shi mengatakan, ia terinspirasi oleh seniman tato Brasil Flavia Carvalho yang juga menawarkan tato untuk wanita yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. Dia pikir, tato bisa membantu meningkatkan harga diri para ibu di China yang tidak senang dengan bekas luka mereka.

Shi melakukan tato caesar pertamanya pada tahun 2015 lalu. Kini, studio tatonya membantu sekitar enam wanita per bulan, dan terkadang para pelanggan harus masuk dalam daftar tunggu mengingat permintaan yang semakin meningkat.

"Menutupi bekas luka perut itu bisa jadi tantangan tersendiri karena tekstur kulitnya lebih lembut daripada bagian tubuh lain. Setiap bekas luka pun sangat unik, sehingga membutuhkan perhitungan dan desain tato yang tepat," jelas Shi.

Sementara itu, para wanita yang telah menggunakan jasa Shi mengatakan bahwa mereka sangat senang dengan hasilnya.

"Saya merasa canggung melihat bekas luka saya ketika mengenakan gaun dansa berpotongan rendah. Sekarang, setelah saya mendapat tao mawar pada April lalu. Saya bisa menari dengan bebas di panggung tanpa khawatir atau canggung," ungkap Grace Yuan, seorang guru tari yang memiliki bekas luka saat melahirkan putri pertamanya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini