nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Nekat Membuat Tato di 12 Tempat Ini

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Minggu 14 April 2019 16:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 13 611 2043212 jangan-nekat-membuat-tato-di-12-tempat-ini-9h7S1JyLt1.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANDA memang bisa memiliki tato di area tubuh mana saja yang sesuka Anda, namun perlu diingat kalau beberapa area tubuh tidak selalu menjadi tempat yang ideal untuk tato.

Oleh karena itu, Anda lebih baik menghindari area yang secara alami akan mengubah bentuk tato seiring bertumbuhnya usia atau area yang mungkin dipengaruhi oleh kehamilan.

Ukuran dan bentuk tato juga dapat memengaruhi tampilan Anda dalam 10 atau 20 tahun ke depan. Melansir cosmopolitan, Minggu (14/4/2019), berikut adalah beberapa area tubuh yang terbaik dan terburuk untuk tato.

Baca Juga: 4 Gaya Selebriti yang Ikut Meriahkan Kampanye Akbar Jokowi-Ma ruf di GBK

1. Tulang selangka luar

Daerah ini cenderung sering tidak terkena sinar matahari karena mudah ditutupi pakaian. Ini juga merupakan area di mana kulit paling tidak cenderung meregang seiring bertambahnya usia, yang merupakan faktor lain yang dapat memengaruhi cara tato bertahan seiring waktu.

2. Lengan bagian dalam

Jika Anda sering beraktivitas di luar yang terkenar sinar matahari, Anda sebaiknya hindari membuat tato di lengan bagian luar dan pilih area yang yang lebih terlindungi seperti lengan bagian dalam. Tanpa serangan sinar UV yang bias memudarkan tinta, tato di area ini akan cenderung tetap terlihat segar.

3. Punggung

Area ini juga adalah salah satu area yang menguntungkan karena sering tertutup pakaian, bagian belakang cenderung menjadi tempat utama untuk tato bertahan lama dan cenderung bertahan dengan baik seiring bertambahnya usia.

4. Paha atas

Paha atas cenderung terlindung dari sinar matahari, jadi jika Anda menginginkan tinta yang akan tahan lama, ini mungkin pilihan terbaik Anda. Tapi bukan bebrarti Anda harus selalu menyembunyikan tato Anda di balik pakaian. Anda bisa menggunakan sunblock di paha atas And ajika ingin memakai celana pendek.

Baca Juga: Pria dan Perempuan Salat Satu Saf di Kampanye Akbar Prabowo-Sandi, Ini Kata Ustadz

5. Garis rambut

Memiliki tato di bawah garis rambut akan tetap terlihat awet dan baru karena tidak akan terkena banyak paparan sinar matahari. Apabila Anda memiliki rambut yang panjang, maka tato Anda akan terlindung lebih lama lagi.

6. Tulang rusuk atas

Di Area ini tato Anda akan sering terlindungi dari matahari, tapi yang lebih penting adalah, jika Anda hamil, tato cenderung tidak mudah merenggang di area ini.

7. Bahu dan betis

Karena kulit di bahu dan betis tidak terpengaruh oleh penuaan, tato di area ini cenderung tetap menempel. Berbeda dengan area perut yang dapat meregang selama kehamilan.

8. Perut

Perut jelas merupakan tempat terburuk untuk memiliki tato karena dapat merenggangkan dan mengubah bentuk ketika Anda menurunkan atau menambah berat badan. Terutama pada wanita yang hamil, walaupun secara rutin mengoleskan pelembap kulit, namun tetap saja tato punya risiko besar untuk terdistorsi mengikuti kulit yang merenggang.

9. Garis lipatan

Di area mana pun yang membuat kulit cenderung merenggang atau menekuk pada tubuh sebaiknya dihindari, karena kulit yang bergerak membuat tato sulit untuk sembuh dengan baik, dan itu dapat mempengaruhi bagaimana tato akan terlihat di beberapa tahun ke depan.

10. Jari dan tangan

Tidak hanya hamper setiap saat terekspos matahari, tato di area tangan dan jari juga lebih mudah memudar karena kita sering mencuci tangan dan menggosoknya.

Tato di bagian dalam telapak tangan dan jari bagian samping pun akan cepat pudar karena kulit di bagian ini berbeda dibanding kulit di area lain, sehingga lebih sulit menyerap tinta dan hasilnya cepat pudar setelah proses penyembuhan.

Image result for tato shutterstock, okezone

11. Kaki

Tato di pergelangan kaki, sisi kaki, bagian atas kaki, dan sekitar tumit mungkin memerlukan lebih banyak sentuhan karena mereka terkena gosokan terus-menerus dari sepatu dan kaus kaki Anda.

Selain itu juga dapat terkena kotoran dan bakteri, dan sekali lagi, Anda memiliki gerakan konstan di pergelangan kaki Anda, yang dimana dapat menyebabkan tato pudar.

12. Telinga bagian dalam

Walaupun pada awalnya akan terlihat bagus, tapi tato tersebut tidak akan bertahan lama. Bagian dalam telinga tidak bias menahan tinta dengan baik dan garis-garis tato cenderung akan cepat kabur.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini