nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengintip Peran Umat Muslim lewat Buku Muslim Indonesia dan Industri Halalnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 13 April 2019 00:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 13 612 2042875 mengintip-peran-umat-muslim-lewat-buku-muslim-indonesia-dan-industri-halalnya-bUAQ3YpQ7r.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERKEMBANGAN industri halal dunia memasuki tahap baru. Hal ini tidak terlepas dari fakta yang menyebutkan bahwa Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia. Pew Research 2015 bahkan telah memproyeksikan akan ada penambahan jumlah populasi muslim antara tahun 2010–2050.

Statistik PBB juga mencatat pertumbuhan tahunan umat Islam sekitar 6,4%. Begitu besarnya populasi muslim menjadi peluang yang besar bagi para pelaku industri untuk mengisi ceruk pasar muslim terhadap produk halalnya.

umat Islam secara umum sangat berpegang teguh pada prinsip agama dalam aspek kehidupannya

Seperti diketahui, bahwa umat Islam secara umum sangat berpegang teguh pada prinsip agama dalam aspek kehidupannya, terlebih yang menyangkut soal kehalalan makanan. Oleh karena itu, sertifikasi halal menjadi sangat penting untuk menjamin konsumen muslim memperoleh produk dan jasa yang halal.

Pasar industri halal pun kini semakin dilirik dan diminati oleh berbagai negara di dunia, termasuk Vietnam yang mulai memasuki ceruk pasar tersebut.

Menurut, Dr. Marissa Haque, hal tersebut secara tidak langsung menjadi angin segar bagi umat muslim Vietnam karena dapat menjadi peluang untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Vietnam yang sedang berlari kencang.

“Keberadaan industri halal di Vietnam juga menguntungkan umat muslim lain di dunia karena dapat memfasilitasi mereka dalam memperoleh produk dan jasa yang halal ketika berkunjung ke Vietnam,” tutur Dr. Marissa Haque, dalam seminar ‘Kenapa Harus Halal?’ di STIE Indonesia Banking School, Jakarta Selatan, Jumat (12/4/2019).

apa yang dapat dikolaborasikan dan dialiansikan bersama oleh Indonesia dan Vietnam terkait sertifikasi halal?

Dari penjelasannya itu, muncullah sejumlah pertanyaan menarik tentang sejauh mana kontribusi minoritas muslim Vietnam dalam meningkatkan industri halal di Vietnam, dan pertumbuhan ekonomi negaranya? Lalu apa yang dapat dikolaborasikan dan dialiansikan bersama oleh Indonesia dan Vietnam terkait sertifikasi halal?

“Semua pertanyaan tersebut terjawab di dalam buku saya yang berjudul ‘Muslim Indonesia dan Industri Halalnya’. Tidak hanya itu, pembaca juga dapat mengetahui sejarah singkat perjalanan umat muslim di negeri yang terkenal dengan ideologi komunisnya itu,” tutup Marissa.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini