nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berpetualang Seru di Ocean Park Hong Kong, Taman Bermain Super Lengkap

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 14 April 2019 18:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 14 406 2043420 berpetualang-seru-di-ocean-park-hong-kong-taman-bermain-super-lengkap-ANDU0v53cm.jpg Hong Kong Ocean Park. (Foto: Okezone)

One more picture, please!,” ucap seorang pria paruh baya saat sedang asyik berpose di depan pintu masuk Ocean Park Hong Kong. Meski matahari sudah meninggi, ratusan wisatawan sudah terlihat memadati area taman bermain. Mereka tampak sangat antusias untuk menjajal berbagai atraksi di taman hiburan terbesar dan tertua di Hong Kong itu.

Sejak pertama kali dibuka pada Januari 1977 sebagai organisasi nirlaba, Ocean Park memang telah berhasil menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara, dengan segudang atraksi kelas dunia yang sarat akan nilai-nilai edukasi.

Berkat konsep tersebut, tak pelak bila objek wisata ini sangat digemari oleh semua kalangan. Mulai dari lansia, orang dewasa, hingga anak-anak.

Awal pekan lalu, 9-11 April 2019, Okezone dan rekan-rekan media berkesempatan merasakan sensasi berpetualang sembari menggali lebih banyak lagi informasi tentang konservasi alam.

Pada kunjungan kali ini, kami ditemani Janice Yim selaku Assistant Public Affairs Manager Ocean Park Corporation. Setelah menjelaskan secara singkat tentang keunikan dan atraksi apa saja yang akan kami sambangi, Janice langsung membawa kami ke pemberhentian pertama, yakni Amazing Asian Animals.

Baca Juga: 5 Aktor Indonesia yang Tubuhnya Dipenuhi Tato, Tambah Macho!


Amazing Asian Animals


Setidaknya, terdapat 6 atraksi yang bisa disambangi wisatawan antara lain, bamboo stage, Gator Marsh, Giant Panda Adventure, Panda Village, Goldfish Treasures, Amazing Bird Theatre, dan Emerald Trail. Pilihan kami pun jatuh pada Giant Panda Adventure.

Ornamen berbentuk panda-panda mungil terlihat berjejeran di depan pintu masuk seolah menyambut kedatangan kami. Nuansa sejuk tiba-tiba menyeruak ketika rombongan masuk ke dalam ruangan.

Di samping kanan ruangan, terdapat banyak sekali pohon-pohon rindang yang diatur sedemikian rupa, sehingga menciptakan suasana nyaman dan asri. Pemandangan tersebut semakin terasa syahdu saat suara gemericik air terdengar dari balik bebatuan.

Seekor hewan berukuran besar dengan corak hitam putih di tubuhnya, terlihat sedang menikmati daun bambu dari singgasananya. Hewan itu bernama Ying Ying, panda betina yang didatangkan langsung dari China.

“Di sini ada dua panda yang didatangkan saat perayaan 10 tahun kembalinya Hong Kong ke kedaulatan China. Nah, panda yang satu lagi namanya Le Le (jantan). Semuanya berasal dari China Conservation and Research Centre di Wolony, Sichuan,” ungkap Janice.

Baca Juga: Pesona Ambar Dwi, Paspampres Cantik Presiden Jokowi yang Gak Garang

Di belakang kami, suara riuh anak-anak mulai menggema ketika melihat Ying Ying berjalan mendekati mereka. Janice tidak memungkiri bahwa, kehadiran Ying Ying dan Le Le inilah yang paling dinantikan wisatawan saat berlibur ke Ocean Park.

Masih di ruangan yang sama. Wisatawan juga dapat menyaksikan tingkah lucu gerombolan panda merah yang berada tepat di depan kandang Ying Ying dan Le Le. Datanglah saat jadwal pemberian makan bila ingin melihat penampakan mereka seutuhnya.

The Summit


Setelah puas melihat tingkah laku Ying Ying dkk, kami langsung beranjak ke pemeberhentian berikutnya yaitu, The Summit. Area ini dipenuhi berbagai wahana bermain menyenangkan dan terbilang ekstrem.

Untuk menyambangi The Summit (puncak), wisatawan harus menaiki dua pilihan moda transportasi yang telah disediakan, ada cable car dan ocean express. Jika ingin melihat keindahan kota Hong Kong dari ketinggian, cable car bisa jadi pilihan yang tepat. Semuanya gratis tanpa tambahan biaya apa pun.

Dari tempat ini, wisatawan bisa langsung menjajal wahana bermain, atau mencicipi berbagai hidangan lezat di restoran-restoran yang tersebar di sejumlah titik. Selain itu, ada beberapa spot selfie dengan latar belakang pemandangan Laut China Selatan yang menjadikannya area favorit bagi para wisatawan yang sudah berumur atau lansia.

Namun, mengingat perut kami sudah cukup kenyang dan masih ada sedikit waktu sebelum makan siang, kami memutuskan untuk menjajal wahana paling ekstrem yang juga menjadi favorit para wisatawan yakni, Hair Raiser.

Hair Raiser


Wahana berbentuk roller coaster ini pertama kali dibuka untuk publik pada 8 Desember 2011. Dibandingkan wahana lain yang berada di area Trhill Mountain, Hair Raiser memang terbilang mencolok dengan dominasi warna merah dan kuning pekat.

Di depan pintu masuk, terdapat replika wajah badut raksasa yang siap menyambut kedatangan wisatawan. Selidik punya selidik, replika wajah ini terinspirasi dari Luna Park Sydney di Australia.

“Ada yang berani coba? Ini salah satu atraksi favorit pengunjung loh!,” goda Janice.

Merasa tertantang, Okezone dan rekan media dari IDN Times memberanikan untuk menjajal wahana ekstrem tersebut. Hanya ada sebuah kereta berkapasitas 50 orang di Hair Raiser. Setiap baris memiliki 5 tempat duduk yang dilengkapi pegangan tangan dan sabuk pengaman.

Pada awalnya, semua masih terasa biasa saja. Namun, saat kereta mulai menanjak dan siap melaju dengan kecepatan tinggi, suara teriakan penumpang mulai terdengar bersautan. Apalagi kereta melaju secara tiba-tiba.

Bagian paling menantang pada wahana ini adalah saat kereta mulai meliuk-liuk, kemudian terbalik sebelum akhirnya meluncur lagi ke atas dan ke bawah. Sensasi menegangkan inilah yang kami rasakan selama kurang lebih 5 menit.

Kejutan ternyata belum berakhir, setelah turun dari kereta, beberapa wisatawan tampak berjalan kelimpungan. Salah seorang wisatawan lokal bahkan sampai terjatuh, mungkin karena kepalanya tiba-tiba diserang rasa pusing dan mual. Namun terlepas dari itu semua, Hair Raiser benar-benar sangat memuaskan dan memanjakan para adrenaline junkie.

Sebetulnya masih ada banyak wahana dan atraksi yang menarik untuk disambangi seperti Ocean Park Tower dan , namun mengingat lembayung senja sudah membalut langit Hong Kong, kami memutuskan untuk langsung mengunjungi area jajanan di Old Hong Kong.

Old Hong Kong


Tempat ini menjadi pemberhentian terakhir kami sebelum kembali ke hotel untuk beristirahat. Dari The Summit menuju Old Hong Kong, wisatawan harus menggunakan cable car mengingat lokasi tempat berada di area resort.

Ada banyak sekali stand-stand makanan yang bisa wisatawan cicipi. Mulai dari egg puff, Fried Noodle with Soya Sauce, Pan-fried Dumplings, Milk Tea, dan masih banyak lagi.

Sembari menikmati jajanan, wisatawan bisa berfoto di beberapa spot selfie yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola. Salah satu spot favorit Okezone adalah ratusan poster yang ditempel di tembok-tembok rumah. Ini bukan sembarangan poster, melainkan poster bergaya kuno dengan beragam gambar menarik.

Bagaimana Okezoners, tertarik untuk berlibur di Ocean Park Hong Kong? Tidak perlu khawatir, harga tiket masuknya relatif terjangkau yakni, Rp860 ribu. Anda pun bisa mencari di sejumlah e-commerce untuk mendapatkan potongan harga hingga 50%.

1 / 4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini