nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Liburan di Washington DC yang Enggak Bikin Kantong Jebol

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 15 April 2019 03:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 14 406 2043484 tips-liburan-di-washington-dc-yang-enggak-bikin-kantong-jebol-SCUTKRVhL4.jpeg Tips liburan di Washington DC enggak bikin kantong jebol (Foto:Dada)

LIBURAN ke Washington DC ternyata tak semahal yang saya kira sebelumnya. Ketika jalan-jalan selama 3 hari saya jadi tahu kalau di ibukota AS ini ada banyak atraksi dan tempat wisata yang free entry. Seringnya, budget saya habis hanya buat makan dan ngopi di kafe.

Baca Juga:

Pesona Ambar Dwi, Paspampres Cantik Presiden Jokowi yang Gak Garang

Waduh, Orang yang Sering Bangun Siang Lebih Cepat Meninggal

Ada beberapa cara untuk enjoying Washington DC in a budget, berikut diantaranya :

1. Dateng pagi untuk mendapatkan free pass di US Capitol dan White House

Sebagai pusat pemerintahan Amerika Serikat, tempat wisata utama di Washington DC gak jauh-jauh dari tempat para politisi dan negarawan AS berkarya. White House dan US Capitol selalu banjir oleh pengunjung setiap harinya. Anak-anak sekolah yang lagi school trip, turis domestik dan internasional selalu terlihat berkerumum di area tempat tinggal Trump dan kantor Congress.

Turis diperbolehkan untuk masuk dan ikut tur keliling White House dan US Capitol. Free, gak perlu bayar tiket sama sekali. Tapi mesti dateng pagi-pagi ke US Capitol Visitor Center, tepatnya di information center, lower floor buat ngambil free pass. Pass ini diperlukan untuk ikutan free tour keliling US Capitol selama 90 menit. Karena jumlah pass yang dikeluarkan per hari terbatas, sebaiknya dateng pagi-pagi banget, mulai jam 8.30 pagi. Selain keliling US Capitol, visitor juga boleh lho ngelihat ruang kerja senat. Caranya sama. Perlu ambil gallery passes di house and senate appointment desk. Jangan males bangun pagi selama liburan ke Washington DC demi dapet free pass ke tempat penting ini.

  kalau mau masuk dan keliling White House kita mesti hubungi kedutaan Indonesia

Sementara itu, kalau mau masuk dan keliling White House kita mesti hubungi kedutaan Indonesia di Washington DC agar dibantu daftar free tour keliling White House. Sayangnya, pengumuman di website kedutaan menyebutkan kalau mereka gak bisa bantu WNI yang mau keliling White House karena sibuk. Semoga saja kedepannya mereka gak sibuk dan bisa bantu WNI yang mau liburan ke Washington DC. Jadi biar gak cuma American citizens aja yang bisa ikutan free tour.

2. Keliling 14 Museum Gratis

Ada banyak museum menarik di Washington DC yang sayang banget kalau sampai dilewatkan. Tak seperti di kota-kota AS lainnya, hampir semua museum di Washington DC gratis ! Meski gratis, beberapa museum memerlukan day pass yang mesti diambil pada pagi hari di hari yang sama sebelum waktu kunjungan, misalnya African American History and Culture Museum dan US Bureau of Engraving & Printing (tempat percetakan uang dollar). Karena jumlah pass-nya terbatas jadi mesti dateng pagi-pagi beneran, guys. Jangan dateng siang karena saya udah pernah dateng siang buat ngambil pass dan dikasih tau petugasnya kalau free pass hari itu udah abis. Kalau masih mau visit museumnya mesti antre lagi besok paginya.

Berikut ke-14 museum di DC yang bisa dikunjungi saat liburan ke Washington DC dengan cuma-cuma : US Holocaust Memorial Museum, National Museum of Natural History,  National Museum of American History, Hirshhorn Museum and Sculpture Garden, National Museum of American Indian, National Museum of African American History and Culture (perlu booking dulu mulai jam 6.30 pagi untuk dapet same-day timed entry passes), National Museum of African Art, Smithsonian Castle, US Bureau of Engraving and Printing (tempat uang US dollar dicetak,  Kalau mau masuk perlu antre mulai jam 8 pagi untuk dapet free tiket yang jumlahnya terbatas), National Archives Museum, Smithsonian Institution’s Museum of Asian Art, National Air & Space Museum, US Botanic Garden, National Gallery of Art.

 Siapkan waktu yang cukup untuk menjelajah museum-museum ini.

Siapkan waktu yang cukup untuk menjelajah museum-museum ini. Kalau perlu kasih waktu 1 hari full khusus untuk ngunjungin museum. Pengalaman saya waktu visit ke US Holocaust Memorial Museum saya ngabisin 3 jam disana saking keren dan informatif museumnya.

Untuk mengunjungi museum-museum di DC juga mudah karena letaknya berdampingan. Museum yang letaknya di jalan lain pun masih berada dalam walking distance.

3. Manfaatkan Circulator Bus

Kebanyakan tempat wisata di Washington DC bisa dicapai dengan jalan kaki, karena lokasinya di pusat kota dan dekat satu sama lain, paling dipisahin park yang luas. Kecuali kalau mau ke historic area Georgetown dan kawasan lainnya seperti Dupont Circle yang agak jauh maka perlu naik transportasi.

Washington DC memiliki sistem transportasi yang rapi dan lengkap. Bikin hidup turis yang liburan ke Washington DC jadi mudah ^^. Tinggal naik metro atau bus. Tapi kalau mau berhemat, coba manfaatkan Circulator Bus yang akan membawa penumpang ke berbagai tempat wisata di DC secara cuma-cuma. Saya agak kaget juga pas tahu kalau bus ini free, karena ketika lagi riset ada info kalau tiket Circulator Bus $1/ naik. Sampai kapan Circulator Bus digratiskan, saya juga belum tahu. Mesti rajin ngecek websitenya untuk info terupdate.

 Circulator bus memiliki beberapa jalur yaitu blue, yellow, purple, green, orange, dan red.

Circulator bus memiliki beberapa jalur yaitu blue, yellow, purple, green, orange, dan red. Kalau mau naik tinggal cari papan berwarna werah dengan lingkaran kuning dan bertuliskan Circulator Bus yang mudah ditemukan di halte bus dan tempat wisata serta jalanan DC. Sering-sering juga untuk cek jadwal dan posisi bus secara live di website resmi Circulator Bus, karena rute mereka gak muncul di google maps. Berkali-kali saya coba yang muncul di google maps cuma bus kota biasa.

Selain Circulator Bus, ada juga pilihan transportasi hemat lainnya, yaitu dengan bikesharing. Dengan $8, kamu bisa jalan-jalan ke Washington DC sambil ngebakar kalori selama 24 jam. Bike yang udah dipakai tinggal dikembalikan ke salah satu bike station yang tersebar di banyak titik di Washington DC.

4. Beli makan di minimarket

 

Beberapa apotek di Washington DC seperti CVS dan Walgreens juga menjual makanan seperti sushi dan sandwich. Beli aja satu kotak sushi atau sandwich untuk lunch karena porsinya ukuran Amerika jadi pasti kenyang. Sekotak sushi isi 12 yang saya beli di Walgreens di Union Station harganya cuma $8, kalau sandwich sekitar $4,5. Atau sepotong sandwich di Subway cuma $5-an juga. Bandingkan dengan biaya sekali makan di resto yang mencapai $20 – $25.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini