nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Hapus Tato Gratis? Penuhi Dulu Syarat-Syarat Ini

Harisah Chamil, Jurnalis · Minggu 14 April 2019 15:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 14 611 2043406 mau-hapus-tato-gratis-penuhi-dulu-syarat-syarat-ini-HA5c891jOA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DALAM kehidupan, orang terkadang melakukan banyak hal-hal yang dia sesali di masa depan. Salah satu yang mungkin disesali adalah membuat tato, aoakagi bagi mereka yang ingin pergi haji.

OLeh karena itu, Komunitas Gerak Bareng bersama Komunitas Dakwah dan Sosial (Kodas) menggelar kegiatan 'Tattoo Removal Program to a Better Life' di salah satu kafe di kawasan Cikutra, Kota Bandung.

Program penghapusan tato dari komunitas hijrah di Bandung menggratiskan kepada siapa saja yang ingin datang, namun sebelum menjalani proses tersebut orang-orang yang mengikutinya harus melaksanakan persyaratan dan ketentuan yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Diam-Diam Dokter Ini Menghamili 50 Wanita dan Punya 48 Anak, Kasusnya Baru Terungkap

Ada syarat yang harus dilakukan oleh para peserta, syarat utamanya adalah mereka yang ikut harus benar-benar memiliki niat untuk berubah atau berhijrah dan dapat mendekatkan diri dengan ajaran Islam.

Syarat kedua, adalah harus menghafal Surat Ar Rahman. Ketika mereka diberikan syarat untuk menghafal Surat Ar Rahman, agar mereka dapat mengerti arti yang terkandung di dalam surat tersebut.

Proses penghapusan tato ini menggunakan metode laser dan diberikan secara cuma-cuma untuk mereka yang ingin menghapusnya.

Dokter Ruri Diah Pamela SPKK, spesialis Kulit dan Kelamin mengatakan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk satu kali perawatan laser rata-rata di atas Rp1 juta untuk kisaran Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Suami Rey Utami Terkena Stroke di Usia Muda, Kenali Penyebabnya!


"Prosedur yang dilakukan untuk menghapus tato saat ini bisa dipudarkan dengan teknologi laser, sebelum melakukan tindakan itu area kulit yang akan terkena laser dibersihkan terlebih dahulu. Lalu dioleskan obat anestesi agar tidak terasa sakit dan ditunggu selama 20 hingga 30 menit sebelum dilakukan laser," ujar dr. Ruri kepada Okezone.

Proses penghapusan tato sendiri bisa berlangsung beberapa kali. Bahkan, ada yang harus melalui proses sampai delapan kali penanganan. Sekali penghapusan, proses rata-rata di atas satu jam.

Selain dibersihkan terlebih dahulu sebelum melakuan penghapusan, tidak ada pantangan yang serius. Hanya saja mereka selama perawatan laser harus menghindari paparan sinar matahari secara langsung dan mereka pun juga harus selalu menggunakan tabir surya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini