nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nasi di Rumah Cepat Basi dan Tidak Enak? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 07:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 15 298 2043911 nasi-di-rumah-cepat-basi-dan-tidak-enak-bisa-jadi-ini-penyebabnya-RW1vq3wAOR.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SEBAGIAN besar masyarakat Indonesia selalu menyediakan nasi di rumah. Ya, makanan pokok masyarakat Indonesia ini memang sangat cocok untuk dihidangkan dengan berbagai lauk. Sebagaimana diketahui, nasi merupakan sumber utama karbohidrat yang bisa diolah oleh tubuh menjadi energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Namun, bagi Anda para ibu rumah tangga, pernahkah merasa ada kejanggalan terhadap nasi yang dimasak? Mungkin beberapa dari Anda tidak menyadari bahwa nasi yang dimasak mendadak jadi cepat basi atau terasa tidak enak saat dimakan. Nah, belum lama ini terungkap bahwa salah satu penyebab utama yang membuat nasi menjadi tidak enak dan cepat basi karena adanya cicak yang mati pada bagian bawah magic jar.

  belum lama ini terungkap bahwa salah satu penyebab utama yang membuat nasi menjadi tidak enak

Terkadang cicak atau kecoa tak sengaja masuk ke cela-cela komponen magic jar dan terperangkap di dalamnya. Suhu panas yang keluar dari arus listrik membuat tubuh cicak mengering bak rempeyek. Kehadiran bangkai cicak inilah yang dianggap sebagai biang keladi basinya nasi yang telah Anda masak.

 Baca Juga: Insiden Bulu Mata Palsu Lita MasterChef Indonesia Copot Bikin Ngakak

Seorang netizen Alif Mustika membagikan pengalamannya tersebut melalui akun media sosial. Ia mengatakan penyebab utama nasi cepat basi atau tidak enak dimakan adalah karena adanya cicak dan kecoa yang terdapat di kisi-kisi mesin. Hal ini tentunya tidak banyak diketahui oleh orang awam, hanya beberapa teknisi atau bengkel elektronik saja yang mengetahui penyebab seperti ini.

 hanya beberapa teknisi atau bengkel elektronik saja yang mengetahui penyebab seperti ini.

"Mengingatkan karena hanya bengkel yang tahu apa penyebab nasi cepat basi di dalam magic/penanak nasi. Dan inilah penyebabnya, rempeyek cicak dan kecoa. Satu ekor cicak saja yang mati membusuk di dalam magic jar sudah menyebabkan nasi basi dan terasa tidak enak serta tidak baik untuk kesehatan. Apalagi jika ada lebih dari 30 ekor bangkai cicak," tulis Alif dalam postinganya tersebut.

 Baca Juga: Bosan Bakso Biasa, saatnya Jajal Bakso Rendang dan Bakso Konro

Tak semata-mata menjelaskan penyebab utama nasi cepat basi dan tidak enak saat dimakan, ia juga menjelaskan bagaimana caranya agar magic jar Anda bisa terbebas dari cicak dan kecoa yang menyangkut di kisi-kisinya. Ya, salah satunya adalah dengan rutin membersihkannya. Alif pun membagikan beberapa cara untuk membersihkan magic jar dalam postingannya.

  Alif mewanti-wanti untuk tidak membiarkan tutup magic jar terbuka saat kondisi sedang tidak panas

"Walaupun magic jar Anda tidak rusak, alangkah baiknya dalam 1-2 minggu sekali dibersihkan untuk menjaga kesehatan keluarga Anda. Dan sebagai imbauan tutup magic jar Anda pada saat teflon sedang dicuci maupun dalam kondisi dingin/tidak panas, jangan sampai terbuka sedikitpun. Karena cicak yang sudah masuk melalui sela-sela teflon, saklar otomatis di tengah-tengah elemen pada saat teflon tidak terpasang saklar akan menonjol ke atas," sambungnya.

Lebih lanjut ia juga mengimbau para masyarakat bahwa cicak dan kecoa juga bisa masuk lewat bawah piringan elemen panas karena adanya selah sebesar 2-3 sentimeter. Meski demikian, Alif mewanti-wanti untuk tidak membiarkan tutup magic jar terbuka saat kondisi sedang tidak panas, karena hal inilah yang menyebabkan peluang cicak dan kecoa masuk lebih besar.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini