nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Masuk ke Kakbah, Ada Apa di Dalamnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 15 April 2019 13:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 15 406 2043673 jokowi-masuk-ke-kakbah-ada-apa-di-dalamnya-SnxThbh9vJ.jpg Presiden Jokowi Umrah. (Foto: Setkab)

PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) sedang berada di tanah suci untuk menunaikan ibadah umrah bersama istri dan kedua anak laki-lakinya. Istimewanya, Jokowi dan keluarganya diizinkan memasuki Kakbah. Padahal, tidak bisa sembarang orang bisa masuk Kakbah.

Nabi Muhammad SAW dalam Hadits Sahih Al-Bukhari 2.654 yang diriwayatkan Aisyah, menjelaskan kalau Anda tidak memiliki kesempatan untuk memasuki Kakbah, maka berdoalah di dalam bangunan setengah lingkaran (hijr Ismail) yang ada di dekat bangunan Kakbah.

Sebab, ketika Anda berdoa di sana, itu sama saja Anda berdoa di dalam Kakbah. Terlepas dari momen luar biasa yang didapatkan Presiden Jokowi, apakah Anda tahu apa yang ada di dalam Kakbah?

Baca Juga: Tak Hanya Lihai Memasak, 5 Chef Ini Terlihat Seksi dengan Tato di Tubuhnya

Bersama Istri dan Kedua Putranya, Presiden Jokowi Umrah ke Tanah Suci

Dilansir Okezone dari Islamic Landmarks, Kakbah dibuat oleh Nabi Ibrahim (as) yang mana awalnya tidak beratap. Lalu, kaum Quraisy yang membangun dinding dan menambahkan atapnya.

Lantas, apa isi Kakbah sekarang?

Isi Kakbah merupakan ruangan kosong. Di sana terdapat tiga pilar dari kayu gaharu terbaik. Ketiga pilar ini berjejer lurus dari utara ke selatan.

Berdasarkan literasi yang ditulis oleh Dr Muhammad Syafii Antonio M.Ec dalam buku “Cerdas Haji dan Umrah Mabrur itu Mudah dan Indah” menyebutkan, pada awal 2000-an bagian bawah tiga pilar tersebut retak lalu diperbaiki dengan diberi kayu melingkar di sekelilingnya.

Baca Juga: Insiden Bulu Mata Palsu Lita MasterChef Indonesia Copot Bikin Ngakak

Bersama Istri dan Kedua Putranya, Presiden Jokowi Umrah ke Tanah Suci

Lantai di dalam Kakbah dibuat dari batu pualam putih. Atapnya dipenuhi ukiran-ukiran nan menganggumkan, berhiaskan lampu-lampu indah yang terbuat dari emas murni dan dari perhiasan-perhiasan indah lainnya.

Permukaan dinding dalam Kakbah berasal dari batu pualam warna-warni dan berhiaskan ukuran khas Arab di sana ada tujuh papan yang menempel bertuliskan nama-nama orang yang pernah merenovasi atau menambahkan sesuatu di dalam Kakbah atau Masjidil Haram.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini