nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui 4 Keutamaan Bersedekah, Nomor 2 Bikin Hati Tenang

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 15 April 2019 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 15 612 2043770 ketahui-4-keutamaan-bersedekah-nomor-2-bikin-hati-tenang-MyyvhRHc2l.jpg Ilustrasi (Foto: Saga)

Setiap umat Muslim wajib bersedekah kepada sesama untuk menambah pahala. Kebaikan ini bisa dilakukan setiap hari dengan cara menyisihkan sedikit rezeki.

Sedekah adalah suatu bentuk amal kebaikan yang dilakukan oleh seorang mukmin, sebagai bentuk rasa syukurnya terhadap kenikmatan yang peroleh dari Allah SWT. Sedekah sendiri bisa diberikan baik berupa material ataupun immaterial.

"Bersedekah tidak hanya bertujuan mendapatkan pahala. Akan tetapi juga sangat membantu saudara kita yang membutuhkan," ucap Ustadz Fauzan Amin, saat dihubungi Okezone, Senin (15/4/2019).

Anjuran bersedekah serta manfaatnya bahkan dituangkan ke dalam banyak ayat Alquran dan hadist. Apa saja?

1. Bisa mendamaikan orang yang berselisih

Hadist riwayat sahabat Abu Hurairah:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم - كل سُلامى من الناس صدقة , كل يوم تطلع فيه الشمس تعدل بين اثنين صدقة , وتعين الرجل في دابته فتحمله عليها أ, ترفع عليها متاعه صدقة , والكلمة الطيبة صدقة , وبكل خطوة تمشيها إلى الصلاة صدقة , وتميط الأذى عن الطريق صدقة " رواه البخاري ومسلم

Rasulullah SAW bersabda, “Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit. Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah. Kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Setiap langkah kakimu menuju tempat sholat juga dihitung sedekah dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: Budaya Corat-coret Usai Ujian Sekolah, Ekspresi Kebebasan atau Rendahnya Moral?

2. Orang bersedekah sangat disukai Allah

Surat Al-Baqarah ayat 195:

وَأَنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا تُلْقُوا بِأَيْدِيكُمْ إِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَأَحْسِنُوا ۛ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

Artinya, “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah. Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah. Karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

3. Sedekah sama saja berbuat baik

Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu'in mengatakan sabagai berikut:

وينبغي للراغب في الخير أن لا يخلي كل يوم من الأيام من الصدقة بما تيسر وإن قل وإعطاؤها سرا أفضل منه جهرا

Artinya, “Orang yang ingin berbuat baik seharusnya tidak melewatkan kesempatan bersedekah setiap hari semampunya, meskipun sedikit. Bersedekah dengan diam-diam lebih baik daripada memperlihatkannya.”

4. Dilindungi Allah SWT di hari kiamat

Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah mengatakan bahwa ada tujuh kelompok yang akan mendapatkan naungan di hari akhirat kelak. Salah satunya:

وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فَأَخْفَاهَا حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِيْننُهُ

Artinya, “Orang yang sedekah dan menyembunyikannya sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang sudah disedekahkan tangan kanannya,” (HR Bukhari dan Muslim).

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini