nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sederet Nama Samaran Gula di Label Kemasan Makanan, Jangan Sampai Ketipu!

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 12:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 16 298 2044103 sederet-nama-samaran-gula-di-label-kemasan-makanan-jangan-sampai-ketipu-s88Qdi5ntx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ADA berapa nama gula yang Anda tahu? Jika selama ini Anda sering menggunakan gula pasir sebagai campuran makanan dan minuman, ternyata masih ada banyak nama lain gula yang biasanya muncul pada label kemasan makanan.

Hati-hati, jangan sampai Anda terkecoh karena tidak melihat tulisan ‘gula’. Padahal produk tersebut masih tetap mengandung gula, hanya saja dengan nama yang berbeda. Lantas, apa saja nama “samaran” dari gula yang kerap muncul di label kemasan makanan?

Baca Juga: Nasi di Rumah Cepat Basi dan Tidak Enak? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Kenapa gula bisa punya nama yang berbeda-beda?

Saat hendak membeli suatu produk makanan ataupun minuman, seberapa sering Anda mengecek kandungan gula di dalamnya? Jika suatu ketika Anda tidak menemukan tulisan ‘gula’ yang tertera pada label kemasan makanan, bukan berarti produk tersebut bebas dari gula.

Pasalnya, ada berbagai nama lain gula yang ditambahkan ke dalam produk makanan, sehingga sering kali mengecohkan Anda sebagai pembeli. Perbedaan nama gula ini dikarenakan gula diolah dari berbagai sumber yang berbeda-beda sehingga kadang hasil olahan gula yang telah jadi pun memiliki rasa dan tekstur yang tidak sama.

Baca Juga: Kisah Duka Nurul, Meninggal Setelah Melahirkan Gara-Gara Preeklampsia

Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat (FDA) mengatakan bahwa produsen makanan memang telah diwajibkan untuk mencantumkan semua bahan yang terkandung dalam produknya. Namun, adanya berbagai macam nama lain gula, yang menyebabkan kehadiran gula dalam produk makanan dan minuman menjadi sulit untuk dideteksi.

Untuk itu, Anda sebaiknya lebih teliti lagi saat membaca label kemasan makanan. Sebab, masing-masing gula yang dicampurkan dalam produk makanan dan minuman, akan berpengaruh terhadap jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini