nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebelum Nyoblos Jangan Lupa Sarapan, Enaknya Bikin Balado Tempe Tetelan

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 04:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 16 298 2044374 sebelum-nyoblos-jangan-lupa-sarapan-enaknya-bikin-balado-tempe-tetelan-zXrS7vz2rG.jpg Balado tempe tetelan (Foto:Ist)

JANGAN bangun kesiangan. Ingat hari ini suara Anda menentukan nasib bangsa 5 tahun ke depan. Buruan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan coblos pasangan Capres-Wapres dan caleg pilihan Anda. Eits, jangan lupa sarapan, agar kuat dan semangat antre masuk ke bilik suara.

Meski sederhana, tempe bisa diolah menjadi hidangan lezat. Bahan makanan ini tak kalah nikmat dibandingkan bahan makanan lain. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam menu. Balado Tempe Tetelan misalnya.

Baca Juga:

Meme-Meme Master Chef Indonesia yang Bikin Ngakak, Chef Juna Jadi Bulan-Bulanan

Tampilan Seksi Gisella Anastasia yang Bikin Gagal Fokus!

Makanan ini bisa menjadi pilihan untuk sarapan. Balado Tempe Tetelan semakin terasa nikmat jika disantap bersama sepiring nasi putih hangat. Berikut resep membuatnya seperti dikutip akun Instagram @rudydansahabat.

Bahan-bahan:

250 g tetelan sapi, rebus hingga empuk

400 g tempe, potong dadu, goreng

15 buah pete, belah 2 bagian

4 buah cabe merah, belah 2 bagian, buang biji dan potong 2 cm

6 sdm minyak goreng

250 ml air

1 saset Desaku Bubuk Balado

1 sdt garam

1 sdm gula pasir

Bumbu halus:

8 buah bawang merah

4 siung bawang putih

1 buah tomat

Cara membuat:

1. Haluskan bawang putih, bawang merah dan tomat. Tumis bumbu halus dengan 6 sdm minyak goreng hingga harum dan matang. Larutkan Desaku Bubuk Balado dengan air, aduk hingga rata. Lalu masukkan larutan ke dalam tumisan dan masak kembali hingga bumbu larut dan mengembang.

Masukkan garam dan gula pasir, aduk rata hingga larut. Kecilkan api, lalu masukkan pete, cabe merah dan tetelan sapi, masak hingga cabe beraroma tidak langu dan semua bahan terbalut dengan bumbu. Masukkan tempe, aduk rata. Matikan api, angkat dan balado tempe tetelan siap dihidangkan.

Nah setelah bikin lauknya, jangan lupa ya sayurnya. Bunda punya stok sosis di rumah? Daripada di goreng begitu saja yuk, olah menjadi Sup Sosis. Makanan ini dapat menjadi pilihan tepat untuk hidangan hari ini dan bisa menjadi favorit anak.

Kuah dari kaldu dan sayuran yang ada didalamnya membuat makanan ini lezat, juga menyehatkan. Cara membuatnya cukup praktis, hanya memasukkan bahan-bahan yang digunakan dan mereka yang baru belajar memasak bisa membuat makanan ini dengan mudah. Berikut resep Sop Sosis untuk seperti dikutip akun Instagram @kumpulanbekalenak.

Bahan-bahan:

Air kaldu sapi secukupnya

Wortel secukupnya, potong kotak

Kentang secukupnya, potong kotak

Kol secukupnya, potong kotak

3 bh sosis, potong empat

1 bh tomat, potong jadi empat

Seledri secukupnya

Daun bawang secukupnya

Bawang merah goreng secukupnya

 

 Lezat dan Praktis, Sup Sosis Jadi Olahan Favorit bagi Pemula

 

Cara membuat:

Iris ujung sosis dan belah menjadi empat. Rebus wortel, kentang hingga empuk. Masukkan tomat, sosis dan kol. Beri garam, kaldu rasa sapi dan sedikit gula dan lada.

Masukkan kol, daun bawang dan seledri. Masak hingga matang. Beri taburan bawang goreng. Koreksi rasa. Angkat. Sup sosis siap dihidangkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini