nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kilas Balik Berdirinya Gereja Katedral Notre Dame, Ikon Wisata Paris yang Terbakar

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 08:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 16 406 2044032 kilas-balik-berdirinya-gereja-katedral-notre-dame-ikon-wisata-paris-yang-hangus-terbakar-NYgtR3vKr5.jpg Gereja Katedral Notre Dame Paris terbakar (Foto : Nytimes)

Paris bersedih. Salah satu bangunan paling bersejarah, The Cathedral of Notre-Dame Paris, hangus terbakar, Senin (15/4/2019) sore waktu setempat. Api sampai saat ini masih terus melahap bangunan yang dalam bahasa Inggris berarti "Our Lady" tersebut.

Sampai saat ini belum diketahui pasti apa alasan kebakaran bisa terjadi. Beberapa sumber menegaskan kalau kejadian ini tidak memakan korban jiwa dan penanganan dari pemadam kebakaran setempat pun sampai detik ini masih terus berupaya untuk memadamkan api.

Terlepas dari musibah yang membuat banyak air mata berjatuhan, bangunan yang juga diakui UNESCO sebagai situs bersejarah itu dikenal juga sebagai lokasi wisata yang tidak pernah mati. Dari data yang dihimpun, sekira 13 juta wisatawan asing mampir ke bangunan ini untuk mengabadikan momen, swafoto, hingga mempelajari arsitekturnya.

nytimes

Lantas, bagaimana sejarah dibangunnya Notre-Dame Paris ini?

Dilansir Okezone dari New York Post, gereja Katolik ini dibangun di sebuah pulau kecil bernama Île de la Cité, di tengah-tengah Seine. Konstruksi dimulai pada 1163, pada masa pemerintahan Raja Louis VII, dan selesai pada 1345. Ini dianggap sebagai permata arsitektur Gothic abad pertengahan.

Sebelum akhirnya hangus terbakar, ternyata bangunan tua tersebut sempat rusak dan terabaikan pada 1790-an selama Revolusi Perancis. Novel Victor Hugo di tahun 1831, "Notre-Dame de Paris," diterbitkan dalam bahasa Inggris sebagai "Si Bongkok dari Notre Dame," menginformasikan pembaca tentang kondisi bangunan tua tersebut.

gereja katedral

Buku itu membantu memacu perbaikan besar-besaran dari tahun 1844 hingga 1864, ketika arsitek Jean-Baptiste-Antoine Lassus dan Eugène-Emmanuel Viollet-le-Duc merapikan puncak menara dan penopang terbang yang biasanya melengkung di antara tiang atau menara.

Peristiwa bersejarah apa yang terjadi di sana?

Salah satu peristiwa penting yang terjadi di bangunan ini ialah saat Henry VI dari Inggris diangkat menjadi raja Prancis di dalam Notre-Dame pada 1431.

Kemudian, Napoleon Bonaparte, yang juga berusaha menyelamatkan katedral bertingkat, dimahkotai kaisar di sana pada 1804. Setelah itu, pada 1909, Joan of Arc, yang telah membantu Prancis berperang melawan Inggris dan dibakar di tiang pancang berabad-abad sebelumnya, dibeatifikasi di katedral oleh Paus Pius X.

Baca Juga : 5 Foto Seksi Model Dewasa Sassha Carissa, Nomor 4 Paling Syur

Lantas, apa yang sedang terjadi saat si jago merah melahap habis bangunan di era Gotik tersebut?

Baca Juga : 5 Gaya OOTD Stylish Rose Hanbury, Wanita yang Diduga Selingkuhan Pangeran William

Katedral, tempat Misa masih dilangsungkan pada Minggu, saat ini sedang mengalami renovasi besar-besaran. Pada 2017, The New York Times menulis, katedral itu sangat membutuhkan perbaikan. Cuaca dan waktu telah mempengaruhi gedung ini. Gargoyle yang rusak digantikan oleh plastik, batu kapur hancur saat disentuh. Renovasi itu diperkirakan menelan biaya hampir $ 180 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun!

Well, semoga kejadian ini bisa segera diperbaiki dan sejarah dari Notre-Dame Paris bisa tetap ada dan keindahan bangunan tersebut bisa kembali terlihat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini