nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Destinasi Wisata Game of Thrones di Kehidupan Nyata, Wajib Datang ke King's Landing!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 22:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 16 406 2044381 5-destinasi-wisata-game-of-thrones-di-kehidupan-nyata-wajib-datang-ke-king-s-landing-3cSLB4XCIE.jpeg Kota Tua Dubrovnik di Kroasia, lokasi syuting Game of Thrones (Foto: CNBC)

Setelah delapan tahun menghibur para penonton, serial televisi "Game of Thrones", akhirnya memasuki musim terakhir (season finale). Episode pertamanya berjudul 'Winterfell' telah ditayangkan pada hari Minggu malam, 14 April 2019, dan berhasil menarik lebih dari 19 juta penonton di Amerika Serikat.

Hashtag #GameofThronesSeason8 juga ramai diperbincangkan di Twitter, bahkan menjadi trending topic pertama dunia, tepatnya dua jam sebelum episode pertama ditayangkan. Selain di dunia maya, antusias para penggemar GoT di dunia nyata juga tidak perlu diragukan lagi.

Beberapa orang rela merogoh kocek yang cukup dalam, hanya untuk menyambangi langsung lokasi-lokasi syuting GoT yang tersebar di berbagai belahan dunia. Dari Islandia sampai Maroko, berikut 5 destinasi wisata 'Game of Thrones' yang menjadi incaran wisatawan, sebagaimana dilansir dari CNBC, Selasa (16/4/2019).

King's Landing: Dubrovnik, Kroasia

 

Kota Tua Dubrovnik telah lama menjadi lokasi syuting andalan Game of Thrones yang kini dikenal dengan sebutan King's Landing, ibukota Westeros di dalam serial film tersebut. Objek wisata ini dihiasi deretan benteng yang berdiri kokoh, dengan desain estetik khas abad pertengahan. Dubrovnik mulai dijadikan lokasyi syuting sepanjang season kedua Game of Thrones, dan diprediksi akan kembali muncul pada season finale.

Namun, ada sebuah kabar tidak mengenakkan yang datang dari pemerintah setempat. Berkat booming-nya serial televisi karya George R.R. Martin itu, jumlah kunjungan wisatawan tiba-tiba melonjak tinggi. Hingga akhirnya, pada 2017 lalu, pemerintah sepakat untuk membatasi jumlah wisatawan yang datang menggunakan kapal pesiar menjadi 4.000 orang per hari.

Dragonstone: San Juan de Gaztelugatxe, Spanyol

 

Sebagian besar kastil yang terlihat pada film mungkin dibuat oleh para desainer-desainer ahli menggunakan teknologi komputer, tapi jangan salah, beberapa adegan ternyata benar-benar diambil di lokasi yang nyata. Salah satunya adalah sebuah pulau kecil di Spanyol utara yakni, San Juan de Gaztelugatxe. Di tempat inilah Jon Snow dan pasukan menemukan Dragonstone, sebuah senjata yang dapat membunuh white walkers.

Pada awalnya, San Juan de Gaztelugatxe dibangun sebagai tempat suci untuk St. John. Sekarang, wisatawan mendatangi tempat tersebut untuk melihat langsung kastil yang digunakan Daenerys Targaryen pada musim ketujuh GoT, dua tahun lalu. Saat ini, pihak berwenang dilaporkan telah mempertimbangkan kebijakan khusus untuk mengelola jumlah pengunjung di tempat tersebut.

 Baca Juga: Jari Ungu Bekas Nyoblos Jangan Dihapus! Bisa Dapat Promo Pemilu di Sini

Kingsroad: Dark Hedges, Irlandia Utara

 

Terletak di Irlandia Utara, Dark Hedges sebetulnya merupakan sebuah jalan panjang yang ditumbuhi pohon-pohon rindang. Keunikannya sendiri terletak pada cabang pohon yang tampak terpelintir dan usianya diketahui sudah mencapai ratusan tahun. Sejak 2017 lalu, seluruh kendaraan roda empat dilarang melintas sebagai respons terhadap lalu lintas yang padat di daerah tersebut.

Fist of the First Men: Mýrdalsjökull glacier, Islandia

 

Selain dijadikan basecamp atau tempat tinggal para Night's Watch, Fist of the First Men juga menjadi arena pertempuran terpenting sepanjang seri Gae of Thrones. Salah satunya adalah pertarungan pertama para Night's Watch melawan para White Walkers.

Nah, daya tarik tempat ini sendiri memang bisa dilihat dari gugusan tebing-tebing es yang memesona dan eksotis. Bahkan, wisatawan yang bukan penggemar Game of Thrones pun akan terhipnotis ketika melihatnya.

 Baca Juga: Kilas Balik Berdirinya Gereja Katedral Notre Dame, Ikon Wisata Paris yang Terbakar

Yunkai: Ait-Ben-Haddou, Maroko

 

Masih ingat adegan saat Daenery Targaryen berpura-pura membeli budak dan memerintahkan mereka untuk membunuh mantan tuannya? Tempat bergaya Timur Tengah itu ternyata memang berlokasi di Ait-Ben-Haddou, Maroko. Bila Anda familier melihat lokasinya, tempat ini memang sering digunakan oleh sejumlah film Hollywood lainnya seperti 'The Mummy' dan 'Gladiator'.

Daya tarik Ait-Ben-Haddou sendiri terletak pada struktur bentengnya yang desainnya terinspirasi dari kebiasaan tradisional pra-Shara. Dalam pernyataan resmi, UNESCO pernah menyebutkan bahwa arsitektur Ait-Ben-Haddou menjadi salah satu ciri khas desain khas Maroko Selatan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini