nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hidup Sehat Harus Dimulai dari Sekarang!

Risna Nur Rahayu, Jurnalis · Selasa 16 April 2019 08:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 16 481 2044023 hidup-sehat-harus-dimulai-dari-sekarang-Du6VdAntHf.jpg Foto: Citibank

“HIDUP Sehat harus dimulai dari sekarang! Dua di antara caranya adalah dengan rutin olahraga dan selalu berpikir positif.”

Yup, kalimat di atas memang benar adanya. Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, mencegah diabetes, terhindar dari osteoporosis, juga menangkal obesitas. Begitu pun dengan berpikir positif ternyata baik bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan hasil riset dalam jurnal Brain, Behavior, and Immunity, bahwa orang yang berpikir positif memiliki kekebalan (imunitas) tubuh lebih baik dibanding si pesimistis.

Nah, salah satu olahraga yang memiliki dua manfaat sekaligus (kesehatan dan melatih pikiran positif) adalah yoga. Olahraga dari India ini sering diartikan sebagai keadaan bebas dari rasa sedih dan menenangkan jiwa.

Menariknya, yoga tak mengandalkan kekuatan fisik yang berlebihan seperti lari, tapi lebih fokus pada pernapasan, gerakan, juga fleksibelitas sehingga bisa diikuti oleh banyak kalangan, baik laki-laki maupun perempuan.

Berikut ini adalah 5 manfaat yoga bagi tubuh manusia:

• Menurunkan hormon kartisol

Pada 2015, sebuah laporan yang dipresentasikan di Asosiasi Anxiety and Depression of American Conference menyatakan yoga mampu menurunkan kortisol. Kortisol merupakan hormon stres yang ditemukan pada wanita yang berisiko mengalami masalah kesehatan mental. Tidak stres maka pikiran lebih bisa berpikir positif.

• Mengurangi depresi

Para peneliti yang menyusun studi terapi komplementer dalam praktik klinis di Mei 2015, menemukan bahwa wanita yang berlatih yoga dua kali seminggu selama delapan minggu, mengalami penurunan depresi yang signifikan dibandingkan dengan wanita yang tidak melakukan yoga selama periode waktu yang sama. Dengan rutin yoga berarti melatih pikiran positifkan?

• Memperbaiki aliran darah

Yoga adalah tentang gerakan, perlawanan dan aliran darah. Gerakan-gerakan yoga dapat mengendurkan pembuluh darah di dalam tubuh. Ini juga dikaitkan dengan menurunkan tekanan darah individu. Yoga sedang dipromosikan sebagai latihan yang bagus untuk pasien jantung.

• Melatih konsentrasi

Para peyoga harus bisa konsentrasi sambil menyelesaikan beberapa gerakan. Tanpa konsentrasi, seorang praktisi mungkin tidak dapat menahan keseimbangannya. Yoga mengajarkan pelakunya fokus dan konsentrasi. Pada pose yang sulit, individu harus menghubungkan pernapasan mereka dengan gerakan.

Yoga memang latihan sempurna bagi generasi modern yang ingin hidup sehat dan berpikiran positif. Yoga sebanarnya dapat dilakukan di mana saja, namun sebaiknya di tempat latihan dengan didampingi instruktur. Ini karena suasana di tempat latihan tentu sudah disesuaikan dengan kebutuhan yoga itu sendiri. Gerakan-gerakan yoga lebih juga lebih terarah karena dipandu langsung oleh instruktur. Selain itu, waktu yoga bakal lebih teratur karena sayang saja melewatkannya padahal sudah membayar.

• Bisa dapat Unlimited Cash Back

Bagi Anda yang menyukai yoga, bayar iurannya pakai Kartu Kredit Citi Cash Back saja, karena akan mendapat Cash Back. Kerennya, Cash Back yang diberikan tanpa limit, tanpa batas waktu penukaran, dan tanpa belanja minimum. Badan sehat, kantong hemat, hati senang. Yuk miliki Kartu Kredit Citi Cash Back dengan apply ke www.citibank.co.id/applycashback sekarang juga!

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini