nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tunggu Quick Count Pilpres 2019, Enaknya Bikin Tahu Isi Sayur

Rahma Yulita, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 14:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 17 298 2044637 tunggu-quick-count-pilpres-2019-enaknya-bikin-tahu-isi-sayur-Owq4DGC3Hb.jpg Tahu isi sayur camilan saat nunggu quick count pilpres 2019 (Foto:Ig/daycooking)

LAGI nunggu quick count pilpres 2019? Biar gak deg-degan, mending bikin tahu isi sayur ini bisa menjadi pilihan untuk mengisi perut.

Setelah selesai menyoblos pasangan Capres-Wapres dan caleg pilihan, sekarang saatnya menunggu hasil. Sembari menunggu hasil quick count, lebih enak jika sambil makan camilan supaya lebih semangat lagi nunggunya.

Enggak perlu ribet, tahu bisa diolah menjadi banyak hidangan yang lezat. Salah satunya yaitu tahu isi sayur, yang dalam pembuatannya enggak pake ribet ulek bumbu! Walaupun enggak pake diulek, menu tahu isi sayur ini nikmatnya tetap bikin pengen makan lagi dan lagi.

Baca Juga

Gaya Polwan Cantik Fitrya Wijayanty yang Bikin Pemilu Makin Adem

5 Potret Stylish Kiki Widya Sari, Polwan Cantik Layaknya Artis K-Pop

Hidangan ini bisa hanya dinikmati sebagai camilan yang ditambahkan saos pedas atau cabe rawit sebagai pelengkapnya. Berikut ini adalah resep tahu isi sayur seperti yang dikutip dari akun Instagram @doyancooking dengan resep @novita._.sari.

Bahan-bahan:

5 buah tahu putih dibagi 2

2 genggaam toge

2 buah wortel

1 batang daun bawang

Garam, gula dan merica secukupnya

Air 150ml

Bumbu iris:

 

6 cabe merah keriting

4 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Adonan tepung untuk lapisan tahu:

Kurang lebih 2 bungkus kecil tepung bumbu serbaguna, tambahkan air matang, aduk rata jangan terlalu kental (tidak usah tambah bumbu lagi).

Cara membuat:

1. Pertama-tama, tumis bumbu iris dengan sedikit minyak sampai wangi, lalu masukkan wortel dan tambah sedikit air matang. Setelah itu, bumbui dengan gula, garam, kaldu bubuk, merica bubuk. Lalu, setelah wortel terlihat matang, masukkan toge dan irisan daun bawang, masak sebentar sampai toge layu. Jangan lupa coba diicip rasanya sudah pas atau belum.

2. Goreng tahu putih yg telah dibagi 2 dengan minyak yang banyak sampai tahunya terendam minyak, tunggu hingga tahu matang (akan kopong dengan sendirinya di dalamnya). Setelah itu tiriskanlah tahu dan kemudian isi dengan tumisan sayur.

3. Setelah tahu sudah terisi dengan tumisan sayur, kemudian celupkan tahu dalam adonan tepung, lalu goreng dalam minyak panas. Tunggu hingga benar-benar matang dan tiriskan. Tahu isi sayur sudah siap disantap!

Udang tak pernah gagal menggoyang lidah. Seafood satu ini selalu nikmat diolah menjadi berbagai macam hidangan, termasuk digoreng kering. Rasanya yang renyah dan gurih, mampu membangkitkan selera makan. Agar semakin nikmat, jangan lupa santap udang bersama sambal bawang.

Penasaran? Berikut resep membuat udang goreng kering dan sambal bawang seperti dikutip dari akun Instagram @berbagiresep.

Bahan:

1/4 kg udang kecil

2 siung bawang putih, haluskan

1/2 sdt garam

5 sdm tepung beras

15 butir bawang merah

2 siung bawang putih

10 buah cabe rawit caplak

Terasi secukupnya

Garam secukupnya

Gula secukupnya


Cara membuat:

1. Cuci bersih udang. Letakan dalam wadah. Campur dengan tepung, bawang putih dan garam. Tidak usah ditambahkan air. Aduk rata, lalu goreng dengan api kecil hingga udang garing dan renyah. Tiriskan.

2. Goreng semua bahan sambal sampai setengah matang. Tiriskan. Tumbuk kasar. Goreng lagi dengan sedikit minyak sisa menggoreng udang hingga sambal layu dan matang. Beri garam. Angkat. Udang goreng kering dan sambal bawang siap dihidangkan.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini