nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sontek 3 Resep Daun Singkong Tanpa Santan yang Sehat dan Lezat Ol

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 17:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 17 298 2044794 sontek-3-resep-daun-singkong-tanpa-santan-yang-sehat-dan-lezat-ol-P1w3lgtEwA.jpg Resep Daun Singkong (Foto: Istimewa)

Bukan hanya umbinya, bagian daun dari pohon singkong juga dapat dimanfaatkan. Biasanya, daun singkong diolah menjadi masakan bersantan, seperti opor daun singkong. Menu makanan ini sangat lezat dan gurih. Sayangnya, jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, makanan bersantan ini biasanya harus dihindari. Jika ingin sekali makan daun singkong tanpa santan, sebaiknya coba beberapa resep masakan daun singkong berikut ini.

Kandungan nutrisi daun singkong

Selain nasi, singkong merupakan makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia, seperti Cimahi. Selain umbinya, bagian daunnya juga bisa dijadikan lauk yang sedap. Mulai dari lalapan dan sayur pelengkap di masakan resto Padang.

Daun singkong yang dikenal juga dengan daun ketela ini memiliki bentuk menjari. Dibanding daun bayam, daun singkong memiliki tekstur yang berserat dan cukup sulit untuk dihancurkan ketika dimakan. Selain itu, rasa daun singkong juga sedikit pahit sehingga tidak cocok jika dibuat menjadi sup dengan kuah bening. Itulah sebabnya daun ketela lebih sering dibuat resep makanan bersantan.

Menurut data pangan Kemenkes RI, daun singkong yang segar, mengandung berbagai nutrisi, mulai dari protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral penting dibutuhkan tubuh.

Dalam 100 gram daun singkong mengandung protein total sebesar 6,2 gram. Kandungan protein pada daunnya jauh lebih banyak dibandingkan pada bagian akarnya. Selain itu, daun ketela juga mengandung berbagai jenis asam amino, seperti lisin, isoleusin, leusin, valin, dan banyak arginin yang tidak umum pada tanaman berdaun hijau lainnya.

Kandungan serat pada daun singkong juga bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus serta mencegah Anda dari sembelit. Kemudian, daun ketela ini juga dilengkapi dengan vitamin B, vitamin C, kalsium , kalium, fosfor, zink, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Resep daun singkong sehat tanpa santan

Biasanya daun singkong diolah dengan tambahan santan supaya lebih gurih. Namun, jangan khawatir, Anda tetap bisa menikmati daun ketela ini tanpa santan, kok. Yuk, lihat beberapa resep daun ketela tanpa santan yang sheat dan lezat berikut ini.

Tumis daun singkong dan ikan teri

Resep daun singkong yang bisa Anda coba di rumah, yaitu tumis singkong dan ikan teri. Masakan ini bisa menjadi lauk makan siang Anda. Untuk membuatnya makanan ini, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan

7 siung bawang merah diiris halus

4 siung bawang putih diiris halus

3 atau lebih cabai merah dan rawit besar iris miring

1 ruas lengkuas yang dihancurkan

2 lembar daun salam

Garam dan gula secukupnya

1 lembar daun jeruk supaya masakan lebih harum

2 ikat daun singkong

1 ons ikan teri kecil

Cara membuat :

Pisahkan bagian daun singkong dengan batangnya dan cuci bersih.

Kemudian, rebus daun singkong selama 10 menit pada air mendidih.

Angkat daun singkong dan peras supaya airnya terbuang dan cacah daunnya secara asal supaya mudah dimakan.

Panaskan minyak zaitun dengan api sedang. Tambahkan bawang merah dan putih, cabai, daun salam, dan daun jeruk. Tumis hingga semua bumbu terlihat layu.

Lalu tambahkan daun singkong dan beri sedikit air supaya tidak gosong.

Beri garam dan gula secukupnya dan aduk rata. Setelah daunnya terlihat layu, angkat tumis singkong dan sajikan di atas piring.

Telur dadar daun singkong

Jika biasanya dadar telur menggunakan bayam, Anda bisa menggantinya dengan daun singkong. Menu makanan ini bisa disantap untuk sarapan maupun makan siang. Cara membuatnya pun cukup mudah, seperti membuat telur dadar biasanya. Yuk, ikuti resep dadar daun singkong di bawah ini.

4 butir telur

80 gram daun singkong yg sudah direbus empuk dan potong kecil-kecil

1 sendok makan tepung terigu

1/2 sendok teh gula pasir

Garam dan bumbu kaldu secukupnya

1 buah cabai potong kecil-kecil (boleh ditambahkan jika ingin lebih pedas)

1 tangkai daun bawang diiris halus

1 tangkai seledri diiris halus

2 siung bawang putih dan 4 siung bawang merah tumbuk halus

Cara membuat

Pecahkan telur dalam wadah.

Tambahkan irisan bawang, cabai, daun singkong, dan bumbu dan terigu. Kemudian, aduk adonan telur hingga rata.

Panaskan sedikit minyak zaitun dengan api sedang. Usahakan menggunakan wajan anti lengket yang bisa dipakai bolak-balik supaya mudah mematangkan dua sisinya.

Bila sudah kecokelatan, angkat telur dan sajikan di atas piring.

Keripik daun singkong

Anda pasti sudah tidak asing dengan keripik singkong, bukan? Lantas, bagaimana jika Anda menggunakan daunnya untuk dibuat keripik? Jangan heran, resep keripik daun singkong ini bisa menjadi camilan Anda di siang hari. Yuk, ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan

 

160 gram tepung beras

40 gram tepung tapioka

1 butir telur, bagian putihnya saja

1 ikat daun singkong

400 ml air

1 sendok teh garam

1/2 sendok teh lada bubuk

3 siung bawang putih

3 butir kemiri

1 sendok teh ketumbar

1 sendok teh kaldu ayam

Cara membuat

Pisahkan daun singkong dari batangnya dan cuci hingga bersih. Kemudian, rebus daun singkong dalam air mendidih hingga airnya berubah jadi kehijauan.

Angkat dan peras daun singkong hingga kering. Lalu pisahkan setiap lembar dan letakkan dalam wadah.

Tumbuk bawang putih, kemiri, ketumbar, dan lada hingga halus sebagai bumbu.

Ayak tepung beras dan tapioka, tambahkan bumbu. dan air, lalu aduk hingga rata.

Masukkan per lembar daun singkong pada adonan dan goreng pada minyak zaitun. Patikan api tidak terlalu besar dan bolak-balik keripik hingga matang merata.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini