nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Jitu Atasi Payudara Sakit saat PMS

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 05:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 17 481 2044646 6-tips-jitu-atasi-payudara-sakit-saat-pms-P2WIDblQtR.jpg Ilustrasi (Foto: Hellosehat)

Salah satu hal yang kerap kali dikeluhkan ketika PMS datang adalah paudara terasa sakit dan kencang. Memang, umumnya hal ini tak membahayakan. Namun, Anda pasti tidak nyaman beraktivitas jika payudara sakit saat PMS atau sebelum menstruasi.

Yuk, ikuti beberapa cara berikut ini yang bisa bantu mengatasi payudara sakit saat PMS tiba yang dikutip dari Hellosehat :

Cara mengatasi payudara sakit saat PMS

Sebenarnya, penyebab payudara sakit menjelang menstruasi belum diketahui secara pasti. Sebuah studi menjelaskan bahwa kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh siklus menstruasi. Nah, untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, simak beberapa cara untuk mengatasi payudara Anda yang sakit saat PMS.

1. Gunakan bra yang sesuai ukuran

Tak hanya sakit, payudara juga membengkak saat PMS tiba. Nah, supaya tidak semakin sakit, Anda harus menyesuaikan ukuran bra. Jangan menggunakan ukuran bra yang terlalu kecil, hal ini akan membuat payudara semakin tertekan dan terasa sesak.

Justru saat seperti ini, Anda bisa menggunakan bra yang satu ukuran lebih besar daripada biasanya, agar payudara tidak begitu sakit saat PMS tiba.

2. Pola makan yang sehat

Mulailah untuk menyusun daftar menu yang sehat untuk Anda. Asupan gizi makanan dan minuman ternyata juga memengaruhi rasa sakit pada payudara Anda.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein, alkohol, dan makanan berlemak setidaknya satu sampai dua minggu sebelum haid. Jika Anda berhasil menggunakan cara ini, kemungkinan besar dapat mengatasi payudara Anda yang sakit.

makan sehat

3. Menambah asupan vitamin

Faktanya, beberapa jenis vitamin ternyata bisa membantu mengatasi payudara yang sakit, khususnya ketika sebelum haid. Beberapa ahli menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin E dan magnesium.

Dengan kadar yang tepat, yaitu 400 mg magnesium, bisa mengurangi berbagai gejala PMS, terutama nyeri pada payudara. Pilihlah beberapa jenis makanan yang mengandung kedua nutrisi tersebut, seperti:

Kacang

Bayam

Wortel

Pisang

Jagung dan zaitun

Beras merah

Alpukat

Apabila Anda sudah mengunjungi dokter sebelumnya, cobalah tanyakan suplemen apa yang bisa mengurangi rasa nyeri tersebut.

4. Kompres dengan es batu

Selain konsumsi makanan yang tepat dan penggunaan bra, tentu saja mengompres payudara yang nyeri bisa mengurangi rasa tersebut. Cobalah mengompres dengan es batu yang sudah dimasukkan ke kain atau bantal pemanas. Keduanya dipercaya dapat mengatasi payudara yang sakit.

Cara ini tak cuma mengatasi payudara yang sakit, tapi juga bisa Anda lakukan ketika muncul gejala perut kembung menjelang dan saat menstruasi.

pms

5. Olahraga

Sebuah riset menjelaskan bahwa gerakan aerobik bisa mengurangi gejala nyeri sebelum haid, termasuk pada payudara. Mulai dari jalan cepat, lari, bersepeda, hingga berenang dipercaya bisa meningkatkan hormon endorfin.

Hormon tersebut mampu mengatasi rasa nyeri ketika Anda mengalami gejala pra menstruasi. Selain itu, yoga juga bisa membantu mengurangi stres dan hal ini sangat penting untuk mengatasi payudara Anda yang sakit. Akan tetapi, disarankan untuk tidak berlebihan karena otot Anda kemungkinan sedang mengalami pergeseran ketika masa menstruasi.

6. Obat-obatan

Apabila cara-cara di atas tidak bisa mengatasi payudara Anda yang sakit, dokter Anda mungkin akan menyarankan untuk mengonsumsi obat-obatan.

- Acetaminophen

- Ibuprofen

- Naproxen sodium

Jika cara di atas tidak dapat mengatasi payudara Anda yang sakit, segeralah berkonsultasi dengan dokter agar mengetahui apa penyebab pastinya dan bagaimana cara mengobatinya. Setidaknya, mengurangi rasa sakit yang terus menghantui setiap menstruasi akan datang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini