nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jari Masih Ungu karena Tinta Pemilu, Wudhu Sah Gak Ya?

Amanda Rahma, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 10:26 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 17 612 2044516 jari-masih-ungu-karena-tinta-pemilu-wudhu-sah-gak-ya-kjap1jB9ng.jpg Ilustrasi Tinta Pemilu. (Foto: Okezone)

HARI ini merupakan hari bersejarah bagi warga Negara Indonesia. Kita akan memilih satu dari dua calon Presiden dan Wakil Presiden untuk dapat memimpin Negara Indonesia sampai 5 tahun ke depan.

Usai mencoblos biasanya masyarakat Indonesia akan mencelupkan jarinya ke dalam botol tinta berwarna ungu yang di sediakan pada setiap TPS, dimana tinta ini digunakan untuk menandakan bahwa seseorang telah mengikuti pemilihan suara dan tidak bisa melakukannya lagi di TPS lain.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah tinta yang digunakan dalam Pemilu dapat mencegah sampainya air wudhu ke anggota tubuh yang dibasuhnya? Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa dalam melaksanakan wudhu, kita harus meratakan air di seluruh anggota tubuh yang harus terkena air wudhu.

Baca Juga: Meme-Meme Master Chef Indonesia yang Bikin Ngakak, Chef Juna Jadi Bulan-Bulanan

Seperti yang kita ketahui banyak beredar kabar yang belum pasti kebenarannya, tentang tinta saat pemilu nanti akan membuat Salat kita tidak sah, dikarenakan tinta tersebut akan menghalangi air wudhu yang akan digunakan untuk membasuh bagian tubuh.

Untuk menjawab itu, mari kita perhatikan baik-baik ketentuannya terlebih dahulu. Dalam Peraturan No 16 tahun 2013 telah ditetapkan tentang Norma, Standar Kebutuhan Pengadaan dan Pendistribusian Perlengkapan Penyelenggaraan Pemilu Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014.

“Tinta sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus mendapatkan sertifikat halal dan tidak menghalangi air untuk keabsahan wudhu dari Majelis Ulama Indonesia,” tulis aturan tersebut.

Menurut Kiyai Ahmad Ikrom, Pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Nahdlatul Ulama (PPMNU) Kemang, Bogor, tinta pemilu tidak akan membuat wudhu Anda menjadi tidak sah.

Baca Juga: Punya Pasangan Bule Menyenangkan, Tapi Kalau Urusan Nikah, Ribet Minta Ampun!

“Karena sudah teruji, dan tinta tersebut juga menggunakan bahan bahan alami. Kondisinya mirip seperti orang yang memakai pacar kuku, meski warna bertahan lama pada kuku, tetapi sifat dari tinta Pemilu tersebut tidak membuat lapisannya menghalangi air.” ungkap Kiyai Ikrom kepada Okezone.

Meski demikian, jika Anda memang ragu terhadap keabsahan tinta pemilu tersebut, maka Anda bisa membersihkannya terlebih dahulu sebelum wudhu.

"Dengan membersihkannya ini akan membuat elemen-elemen yang dapat membatalkan wudhu dapat hilang dan terkelupas dari permukaan kulit sehingga tidak menghalangi mengalirnya air wudhu tersebut.” jelasnya.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini