nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kreasi Unik Daur Ulang Spanduk Kampanye ala Netizen

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 18:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 18 194 2045249 5-kreasi-unik-daur-ulang-spanduk-kampanye-ala-netizen-Y52i1m1GBw.jpg Kreasi spanduk unik (Foto: lindaruslianam/Instagram)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo punya cara unik mengurangi sampah visual sisa-sisa dari kampanye caleg maupun partai politik. Melakui akun Instagram pribadinya, @ganjarpranowo, pria berusia 50 tahun itu mengumumkan sebuah sayembara unik berhadiah uang tunai hingga Rp20 juta.

Untuk mendapatkan hadiah tersebut, netizen harus berkreasi mendaur ulang Alat Peraga Kampanye (APK) menjadi benda yang bermanfaat. Pengumuman itu diunggah Ganjar empat hari lalu, dan sukses menarik perhatian para netizen.

Bahkan, hingga berita ini dituliskan, sudah banyak netizen yang memamerkan hasil karya mereka di Instagram. Penasaran, seperti apa hasil kreasi netizen dalam mendaur ulang sisa-sisa atribut partai? Berikut Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Kamis (18/4/2019).

Bunga plastik

 

Karya pertama berasal dari akun @amel.cakes_. Ia berhasil menyulap spanduk kampanye menjadi hiasan cantik menyerupai bunga mawar.

 Baca Juga: Menantu Jokowi, Selvi Ananda Pakai Selop Mahal saat Nyoblos, Berapa Harganya?

Payung besar

 

Tidak hanya kaum wanita, para pria pun tertantang untuk megikuti #GanjarDaurUlangAPK. Lihat saja foto yang diunggah seorang pria di bawah ini. Ia membuat payung raksasa seperti yang sering kita jumpai di kafe-kafe. Bahan yang ia gunakan berasal dari baliho salah satu caleg di daerahnya.

Tempat tisu

 

Familier dengan wajah politisi PDIP di foto ini? Anda tidak sendirian. Seorang netizen dengan user @rinisoelistuowatigmail.com1 memang sengaja mendaur ulang baliho milik sang politisi untuk membuat tempat tisu. Tampilannya sangat unik loh Okezoners. Mirip seperti setelan jas.

Jas hujan

 

Ide mendaur ulang baliho menjadi busana siap pakai ternyata menjadi salah satu favorit para peserta sayembara. Lihat saja karya akun @lindaruslianam yang membuat raincoat dari spanduk Jokowi-Ma'ruf. Sekilas tampilannya terlihat sangat stylist, dilengkapi fitur penutup kepala.

Sling bag

 

Siapa sangka sisa-sisa atribut partai ternyata bisa disulap menjadi sebuah sling bag kekinian. Tidak percaya? Lihat saja hasil kreasi akun @herupurn85 di bawah ini. Benar-benar mantul, alias mantap betul.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini