nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Membedakan Telur Segar dan Tidak Layak Konsumsi

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 09:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 18 298 2045392 4-cara-membedakan-telur-segar-dan-tidak-layak-konsumsi-OYPkjOvV4d.jpg Ilustrasi (Foto: Thoughtco)

Telur menjadi salah satu bahan makanan yang wajib ada di kulkas. Jika Anda ingin makan dengan masakan praktis, telur bisa jadi pilihan.

Namun ada salah satu masalah yang kerap dipikirkan orang tentang kesegaran telur itu sendiri. Masih layak dikonsumsi atau seharusnya sudah berakhir di tempat sampah?

Meski menyimpan telur di kulkas disebut dapat memperpanjang usia layak konsumsi telur, tetapi jangka waktunya tidak bisa diukur. Nah, untuk membedakan antara telur yang masih segar hingga tidak layak dikonsumsi, caranya adalah dengan melakukan tes di air.

Dilansir dari Foodbeast, Jumat (19/4/2019), udara di dalam telur terletak di ujung telur yang sempit. Mulai dari sini, Anda akan mengetahui apakah telur itu masih bisa dikonsumsi.

 Baca Juga: Menantu Jokowi, Selvi Ananda Pakai Selop Mahal saat Nyoblos, Berapa Harganya?

Mengendap posisi horizontal

Saat telur yang Anda masukkan ke dalam air mengendap dengan posisi horizontal atau berbaring, maka telur tersebut masih sangat segar.

Mengendap dengan ujung sempit miring ke atas

Jika ujung sempit (lancip) telur miring ke atas, artinya telur masih bisa digunakan. Tetapi sudah tidak cukup segar. Telur yang miring seperti ini akan lebih baik jika digunakan sebagai campuran kue.

 Baca Juga: 5 Keuntungan Donor Danar Bagi Tubuh, Tunggu Apa Lagi!

Mengendap dan berdiri tegak

Jika telur mengendap dengan posisi berdiri tegak, berarti sudah melewati tanggal kedaluwarsa dan tidak segar lagi. Tetapi telur ini masih aman digunakan, akan lebih baik jika dimasak dengan cara dipanggang atau direbus.

Telur mengapung

Telur yang mengapung adalah telur yang sudah tidak layak dikonsumsi, umumnya di kondisi ini telur sudah busuk. Ini artinya Anda harus segera membuangnya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini