nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

20 Tahun Tutup, Bioskop Jadul di Cilacap Beroperasi Lagi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 21:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 18 406 2045346 20-tahun-tutup-bioskop-jadul-di-cilacap-beroperasi-lagi-Xk113kBeKv.jpg Bioskop jadul di Cilacap (Foto: vaLentfun21/Twitter)

Entah mengapa, bangunan-bangunan tua seolah memiliki kekuatan magis untuk menarik perhatian dibanding deretan gedung-gedung pencakar langit di tengah perkotaan. Tidak menutup kemungkinan hal ini disebabkan oleh desain arsitekturnya yang unik dan sarat akan nilai-nilai sejarah.

Bicara soal gedung tua, ternyata tidak selalu berkaitan dengan museum-museum bersejarah sisa-sisa era kolonial Belanda. Indonesia ternyata punya banyak gedung-gedung tua yang hingga saat ini masih beroperasi dengan baik.

Belum lama ini, Sportcaster RCTI, Valentinus Fun, membagikan pengalaman menarik saat menyambangi bioskop tua di daerah Jenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Berikut sepenggal kisahnya.

 

Pada salah satu foto yang diunggah Valent ke dalam akun Twitter pribadinya, @valentfun21, bagian depan gedung terlihat berdiri kokoh dengan dominasi cat berwarna merah dan putih menghiasi dinding. Di atasnya, terpampang jelas nama bioskop yang ditulis secara vertical, lalu dilengkapi 4 buah jendela berukuran kecil di sisi kiri dan kanan.

 Baca Juga: Menantu Jokowi, Selvi Ananda Pakai Selop Mahal saat Nyoblos, Berapa Harganya?

Nuansa jadul mulai terasa setelah Valent dan kedua temannya masuk ke dalam ruangan bioskop. Mereka disambut empat buah kursi berwarna hijau, dan beberapa poster film Hollywood yang ditempel ala kadarnya. Valent bercerita bahwa terakhir kali ke tempat ini sekitar tahun 1999, beberapa saat sebelum bioskop itu ditutup. Nah, setelah kurang lebih 20 tahun tidak beroperasi, tahun ini, Bioskop Tjahaja kembali dibuka untuk umum.

 

“Jujur saya excited banget buat ke bioskop ini. Terakhir kesini 20 tahun yang lalu, dan setelah itu gedung bioskop ini lama gak beroperasi. Baru pada tahun 2019 ini mulai beroperasi lagi,” tulis Valent pada keterangan foto.

Meski pihak pengelola memutuskan untuk merenovasi gedung bioskop, mereka rupanya masih mempertahankan bangunan asli gedung tersebut. Bahkan, loket tiketnya pun masih terlihat tradisional dilengkapi jendela pembatas berbahan kayu yang sengaja di cat berwarna merah.

 Baca Juga: Asik Bermain Smartphone, Pria Ini Diazab sang Istri

Keunikan bioskop ini juga bisa dilihat dari jumlah studio yang disediakan oleh pihak pengelola. Ternyata hanya ada 1 studio yang digunakan. Untuk urusan fasilitas, Bioskop Tjahaja sebetulnya tidak kalah dengan bioskop-bioskop modern.

Deretan kursi berwarna biru ditata sedemikian rupa hingga terlihat rapi dan bersih. Ruangan bioskop juga dilengkapi air conditioner (AC), layar lebar dan audio yang kualitasnya juga sangat memumpuni.

 

Nah, yang membuat netizen gagal fokus justru harga tiket yang ditawarkan oleh bioskop tersebut. Harga tiketnya hanya Rp10 ribu per film loh, Okezoners! Namun perlu diingat bahwa film baru akan dimulai kalau sudah ada 5 penonton yang membeli tiket.

“Karena saat itu kami cuma bertiga, jadi saya tetap beli 5 tiket agar film diputar,” ungkap Valent.

Nah, bagi Okezoners yang tertarik untuk menyambangi bioskop unik ini, Valent sempat membagikan alamat lengkap Bioskop Tjahaja. Lokasinya berada di Jl. Kiadeg No.118, Jenang Utara, Jenang, Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Gedung bioskop berdiri persis di pinggir jalan utama.

Sebagai penutup, Valent mengimbau agar masyarakat Indonesia turut mendukung keberadaan bioskop-bioskop tua seperti Bioskop Tjahaja ini.

“Yuk dukung bioskop ini. Siapa tahu makin banyak yang nonton, bioskop ini bakalan semaju bioskop-bioskop di Indonesia lainnya,” tutup Valent.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini