nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengunjungi Tempat Yesus Disalib, Wafat, Dikubur dan Dibangkitkan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 06:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 18 406 2045409 mengunjungi-tempat-yesus-disalib-wafat-dikubur-dan-dibangkitkan-fypIVo6fKv.jpg Geraja Makam Kudus (Foto:Thetimes)

SELURUH umat kristiani di seluruh dunia bersiap menyambut hari kebangkitan Yesus Kristus atau biasa disebut dengan Paskah. Tentunya semua orang akan berbahagia menyambut bangkitnya sang Mesias dari kematian demi menebus seluruh dosa umat manusia.

Untuk mengenang sengsara dan wafatnya, beberapa umat Krsitiani banyak yang memilih untuk melakukan wisata religi ke berbagai negara yang memiliki kisah perjalanan Yesus. Selain bisa melihat secara langsung perjuangan Yesus dalam menebus dosa manusia, beberapa tempat juga menyediakan pengalaman menakjubkan yang tak terbayangkan sebelumnya.

Seorang pemandu wisata bernama Zahi Shaked, memberikan rekaman perjalanannya saat mengunjungi sebuah tempat dimana Yesus disalibkan, wafat, dikuburkan dan dibangkitkan. Tempat ini berada di Yerusalem, Israel.

 rekaman perjalanannya saat mengunjungi sebuah tempat dimana Yesus disalibkan, wafat, dikuburkan dan dibangkitkan.

Ia sengaja memvideokan tempat ini karena dedikasinya terhadap sejarah kuno Tanah Suci. Ia merasa terpanggil dan tertarik untuk menyusuri sebuah bangunan megah dengan pondasi dan cakar ayam yang sangat besar dan kukuh.

Tempat ini merupakan sebuah gereja megah bernama The Holy Sepulchre. Ornamen bangunan ini sangat khas dengan kubah besar yang menjulang tinggi dihiasi dengan jendela berbentuk melengkung bergaya Eropa. Selain itu banyak sekali lampu gantung dengan bentuk unik yang sangat elegan.

Yang menarik di tempat ini adalah sebuah bangunan berbentuk persegi yang menyerupai istana mini. Bangunan ini terletak di bawah kubah raksasa yang menjulang tinggi. Beberapa pagar besi disusun mengelilingi bangunan mini ini supaya para peziarah dapat dengan tertib mengantre.

 Beberapa pagar besi disusun mengelilingi bangunan mini ini supaya para peziarah dapat dengan tertib mengantre.

Konon katanya di dalam bangunan inilah tempat dimana Yesus disalibkan , mati, dikuburkan dan dibangkitkan pada hari ketiga yang kita rayakan dengan Paskah. Di atas kubah yang terbilang cukup tinggi itu terbentang sebuah gambar Yesus. Sementara di bagian barat gereja ini terdapat beberapa altar serta tempat menaruh lilin untuk para peziarah berdoa.

Jika bergerak sedikit ke arah luar, terdapat sebuah papan yang kerap digunakan para peziarah untuk sujud dan menyembah. Di atasnya digantungkan beberapa guci yang diikat dengan rantai besi yang disambungkan ke tiang yang berada di pinggir papan.

Tepat di depan papan tersebut, terdapat sebuah lukisan besar yang dituangkan ke dalam dinding dimana Yesus terlihat wafat sambil dikelilingi oleh para muridnya. Tempat ini kerap dipenuhi oleh para peziarah yang antre untuk masuk dan melihat langsung ke dalam sebuah istana mini yang berada di tengah-tengah kubah.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini