nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luka Memar Tiba-Tiba, Benarkah Dijilat Setan?

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 09:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 18 481 2045021 luka-memar-tiba-tiba-benarkah-dijilat-setan-vvXujwRX7p.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DI tengah kemajuan peradaban modern yang serba canggih, masyarakat Indonesia masih kental diselimuti oleh macam-macam kepercayaan dan mitos yang berbau gaib. Salah satunya adalah fenomena luka memar yang tiba-tiba muncul di kulit dan tanpa sebab jelas.

Katanya sih, ini karena Anda ‘dijilat setan’. Eits, tunggu dulu. Fenomena “klenik” ini dapat dijelaskan secara sederhana dalam dunia medis. Simak penjelasannya di bawah ini, tanpa perlu bulu kuduk merinding ketakutan

Luka memar akibat ‘dijilat setan’ ini muncul sebagai bintik ungu kecil tepat di bawah permukaan kulit, yang seringnya timbul di paha, bokong, dan lengan atas. Dalam dunia medis, luka memar tiba-tiba yang muncul tanpa alasan jelas disebut dengan istilah purpura simplex. Ini adalah hal yang sangat umum terjadi.

Baca Juga: 5 Potret Stylish Kiki Widya Sari, Polwan Cantik Layaknya Artis K-Pop

Meskipun Anda tidak terbentur atau terjatuh, purpura simplex bisa tetap terjadi kapanpun dan di mana pun. Pasalnya, memar “ajaib” ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah kecil yang memang rapuh.

Pecahnya pembuluh darah ini kemudian menyebabkan darah menggenang tepat di bawah kulit. Meski begitu, belum diketahui pasti apa yang bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah dan bagaimana itu bisa terjadi.

Purpura simplex lebih sering terjadi pada wanita akibat pengaruh hormon. Oleh karena itu, memar yang katanya karena ‘dijilat setan’ ini juga sering muncul bersamaan dengan siklus menstruasi atau ketika tubuh Anda sedang sangat kelelahan. Kulit yang mudah memar juga dapat dipengaruhi oleh kerja pembekuan darah yang tidak berjalan dengan baik.

Baca Juga: Gaya Polwan Cantik Fitrya Wijayanty yang Bikin Pemilu Makin Adem

Tak jarang juga, ada beberapa kondisi kesehatan serius yang bisa menjadi penyebab mengapa timbul memar tiba-tiba di tubuh Anda. Contohnya adalah hemofilia dan trombositopenia. Hemofilia adalah penyakit turunan langka yang menyebabkan darah sangat sulit membeku karena kekurangan jenis protein tertentu.

Sementara itu, trombositopenia adalah suatu gangguan darah yang menyebabkan tubuh kekurangan kepingan darah (trombosit). Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya anemia, infeksi virus, konsumsi alkohol berlebihan, leukimia, obat-obatan kemoterapi, kehamilan, dan faktor keturunan.

Luka memar di tubuh yang muncul tiba-tiba tanpa alasan jelas bukan disebabkan oleh “jilatan setan” atau gangguan makhluk halus lainnya.

Tapi jika Anda tidak mengalami atau memiliki salah satu faktor risiko di atas, memar bisa muncul ketika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, contohnya obat jenis aspirin, warfarin, clopidogrel, dan prasurgel, yang termasuk golongan pengencer darah sehingga bisa meningkatkan volume peredaran darah.

Darah yang mengalir deras bisa menggembungkan pembuluh darah sehingga pecah dan timbul memar.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu buru-buru mengunjungi “orang pintar” begitu ‘dijilat setan’. Purpura simplex adalah kondisi medis yang tidak berbahaya dan bisa hilang sendiri tanpa diobati (jika tidak berkaitan dengan penyakit lain, ya).

Tapi ada baiknya Anda memerikasan dan berkonsultasi ke dokter perihal timbulnya memar tiba-tiba, terutama jika munculnya cukup sering. Dokter mungkin akan meresepkan Anda obat kortikosteroid. Obat ini dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam darah.

Setelah jumlah trombosit Anda kembali ke jumlah yang normal. Biasanya setelah mengonsumsi obat ini, 2-6 minggu kemudian bercak memar akan menghilang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini