nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbukti Secara Ilmiah, Daun Sirsak Ternyata Bermanfaat untuk Penderita Diabetes

Agregasi Hellosehat.com, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 10:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 18 481 2045045 terbukti-secara-ilmiah-daun-sirsak-ternyata-bermanfaat-untuk-penderita-diabetes-Tu8XjgqtxS.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BUKAN hanya buahnya saja, daun sirsak juga sangat bermanfaat. Daun dari buah ini sangat populer untuk dijadikan sebagai obat alami, salah satunya untuk penyakit diabetes.

Sebenarnya, apa manfaat daun sirsak untuk diabetes? Yuk, cari tahu lebih dalam mengenai keunggulan daun sirsak pada ulasan berikut ini.

Banyak orang yang tahu buah sirsak, tapi tidak tahu seperti apa bentuk daunnya. Sebelum membahas manfaat daun sirsak untuk diabetes, mari mengenal daunnya lebih dahulu.

Daun sirsak dikenal juga dengan sebutan daun graviola atau daun Annona muricata. Daun ini memiliki bentuk menyirip yang bagian tepinya tidak bergerigi dan tulang daunnya hanya terlihat jelas di bagian tengah.

Baca Juga: Pusing 7 Keliling, Lihat Sisca Mellyana Pakai Lingerie Merah

Daun ini berwarna hijau, tapi daun yang muda biasanya berwarna lebih terang, berukuran kecil, dan jika disentuh terasa lunak dan tipis. Biasanya daun muda berada dekat di pucuk cabang yang berbuah. Sementara daun yang tua, memiliki warna hijau gelap, berukuran besar, dan akan terasa kaku dan tebal ketika disentuh.

Selain buahnya yang dapat dinikmati langsung atau dijadikan jus dan bahan perasa es krim, bagian daun sirsak juga turut dimanfaatkan oleh masyarakat. Daun sirsak paling sering dimanfaatkan sebagai obat alami untuk diabetes.

Meski sudah banyak obat diabetes, obat-obatan tersebut tetap menimbulkan efek samping, contohnya sulfonilurea dan biguanides. Akhirnya, periset melakukan pencarian lebih lanjut dan menemukan potensi daun sirsak untuk diabetes.

Sebuah studi tahun 2008, melaporkan bahwa bagian kulit, akar, dan daun dari buah sirsak memiliki sifat antidiabetes. Selain itu bagian kulit kayunya juga bersifat antihipertensi, vasodilator (dapat melebarkan pembuluh darah), antispasmodik (pelemas otot polos), dan dapat memperlambat detak jantung pada tikus.

Baca Juga: Nyoblos Bareng, The Tanoesoedibjo s Modis dengan Busana Bernuansa Putih

Kemudian, tahun 2017 dilakukan penelitian kembali mengenai manfaat daun sirsak untuk diabetes. Periset mengamati kadar gula darah pada tikus dengan diabetes menggunakan ekstrak graviola.

Hasilnya menunjukkan bahwa pemberian ekstrak akar dan daun sirsak pada tikus dapat menurunkan kadar gula darah dalam jangka panjang. Bagaimana bisa? Ekstrak graviola diketahui mengandung polifenol dan flavonoid yang sifatnya antihiperglikemik yang dapat menghambat enzim alfa-glukosidase di usus.

Terhambatnya enzim tersebut dapat mengurangi laju pemecahan polisakarida (jenis gula yang ada di makanan) menjadi gula yang lebih sederhana. Ini memberi lebih banyak waktu untuk sel beta pankreas untuk memproduksi insulin yang cukup. Proses tersebut ternyata dapat mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh lebih baik.

Walaupun penelitian dapat menunjukkan manfaat daun sirsak untuk diabetes, masih diperlukan penelitian lebih lanjut. Terutama untuk menguji efektivitasnya pada tubuh manusia, bukan hewan.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya?

Untuk mendapatkan manfaat graviola untuk diabetes, Anda bisa mengolahnya dengan berbagai cara, yakni:

- Meminum air rebusan daun sirsak

- Dibuat teh dengan merebus daun sirsak dengan tanaman herbal lainnya dan tambahkan madu

- Minum suplemen graviola yang mudah ditemukan di toko obat

Meski memiliki potensi sebagai obat diabetes, sebelum menambahkan daun sirsak dalam menu harian Anda, konsultasikan lebih dulu pada dokter. Pasalnya, penggunaan suplemen graviola dalam jangka dapat menimbulkan masalah ginjal, hati, atau saraf, seperti penyakit Parkinson.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini