nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aura Kasih Ngidam Ngemil Beras, Bahaya Atau Tidak bagi Ibu Hamil?

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 11:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 18 481 2045077 aura-kasih-ngidam-ngemil-beras-bahaya-atau-tidak-bagi-ibu-hamil-5h1pNpH0Fz.jpg Aura Kasih ngidam ngemil beras (Foto : @aurakasih/Instagram)

Penyanyi Aura Kasih tengah menantikan kelahiran anak pertamanya. Sama seperti ibu hamil pada umumnya, ia pun mengalami ngidam. Namun hal yang diinginkan olehnya terbilang tidak biasa.

Beberapa waktu lalu, perempuan asal Bandung itu mengungkapkan di Instagram Story pribadinya jika ia ngidam melihat aneka binatang. Lalu baru-baru ini dia kembali menuliskan keinginan ngidam-nya yaitu memakan beras. Bagi sebagian orang, mungkin ini tergolong aneh. Tapi bagaimana dalam dunia medis?

aura kasih

Menurut Dr Rudiyanti, Sp.OG, perempuan mengalami perubahan hormonal pada saat hamil. Kondisi ini dapat memengaruhi kondisi fisik ibu hamil. Sebanyak 95% ibu hamil mengalami masalah pada lambung seperti mual, eneg, atau perut sebah . Sedangkan untuk makanan, ibu hamil lebih senang mengonsumsi makanan yang asam, segar, atau pedas.

“Namun, ada pula ibu hamil yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang lazim. Misalnya mengunyah beras mentah,” imbuh Dr Rudiyanti seperti rilis yang Okezone terima, Kamis (18/4/2019).

Dijelaskan oleh dokter dari RS Premier Bintaro itu kebiasaan makan beras mentah saat hamil memang tidak membahayakan ibu maupun janin secara langsung. Akan tetapi, hal tersebut kurang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. Terlebih beras seharusnya dicuci bersih dulu, dimasak, baru bisa dikonsumsi. Selain itu, tidak menutup kemungkinan beras mentah terkontaminasi kuman dari lingkungan sekitar. Hal ini malah bisa menimbulkan penyakit seperti diare.

Akan tetapi, jika makan beras mentah menjadi salah satu ‘jalan’ bagi ibu hamil agar makanan lain bisa masuk ke tubuh, maka itu tak masalah. Tapi ibu hamil harus memerhatikan kebersihan beras. Usahakan untuk mencucinya terlebih dahulu. Selain itu, ibu hamil tetap perlu mengonsumsi makanan lain yang gizinya seimbang agar janin berkembang dengan optimal.

Terlebih lagi pada trimester pertama kehamilan, asupan makanan untuk ibu hamil harus berar-benar diperhatikan. Pada masa itu, pertumbuhan dan perkembangan janin terjadi dengan pesatnya. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan mikronutrien.

Sementara itu, adanya anggapan di masyarakat yang mengatakan jika ibu hamil makan beras mentah maka nanti saat bayinya lahir akan muncul bintik-bintik putih di bagian wajah, menurut Dr Rudiyanti itu hanya mitos. “Sampai saat ini tidak ada bukti yang menunjukan adanya korelasinya. Bisa saja hal tersebut terjadi secara kebetulan saja,” tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini