nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidur Dalam Keadaan Perut Lapar Justru Bikin Gemuk, Ini Faktanya!

Harisah Chamil, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 17:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 18 481 2045211 tidur-dalam-keadaan-perut-lapar-justru-bikin-gemuk-ini-faktanya-NsY2ZFXa7D.jpg Tidur dalam keadaan perut lapar justru bikin gemuk (Foto: Familydoctor)

BANYAK dari kita melakukan kesalahan saat tidur tanpa makan apa pun di malam hari, karena kelelahan atau karena kita ingin membatasi asupan kalori kita untuk hari itu. Nah, jika Anda melakukannya sesekali, itu bisa diterima tetapi hal itu jangan dibiasakan.

Karena tidur dengan perut kosong dapat berdampak tidak baik pada tubuh Anda, sebagaimana dilansir Etimes, Kamis (18/4/2019), berikut beberapa yang akan terjadi:

1. Kekurangan nutrisi

Tidak makan saat malam hari akan menyebabkan kekurangan gizi dalam tubuh Anda, terutama kekurangan gizi mikro. Menurut Manjari Chandra, Konsultan Nutrisi dan Diet, Max Super Speciality Centre, Panchsheel Park, mengatakan bahwa tubuh kita membutuhkan mikro-nutrisi seperti magnesium, Vitamin B12 dan Vitamin D3 untuk berjalan secara efisien. Jika seseorang terbiasa dengan hal itu maka mereka beresiko kekurangan nutrisi mikro.

2. Mempengaruhi metabolisme Anda

Jika Anda melewatkan makan malam secara teratur atau memiliki kebiasaan makan yang tidak menentu, itu bisa membahayakan metabolisme Anda. Seperti mempengaruhi tingkat insulin Anda yang merupakan hormon terpenting dalam tubuh. Selain itu juga dapat mempengaruhi kadar kolestrol Anda. Hal ini akan membuat Anda rentan terhadap penyakit lainnya.

 

3. Kesulitan tidur

Pergi tidur tanpa memakan apa pun dapat membuat Anda bolak-balik di tempat tidur pada dini hari. Rasa sakit karena lapar akan membuat Anda tetap waspada secara mental dan tidak membiarkan Anda tidur nyenyak. "Ini terjadi karena tubuh kita dikendalikan secara neurologis dan hormonal dan tidak memiliki cukup makanan di malam hari dan berdampak pada itu," ujar Manjari.

4. Berat badan bertambah

Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan berasumsi melewatkan makan malam. Namun dalam kenyataannya, itu akan bekerja sebaliknya. Memang benar bahwa seseorang harus memiliki jumlah makanan yang rendah di malam hari, tetapi melewatkan makan sepenuhnya itu juga tidak baik.

Itu hanya akan menyebabkan penambahan berat badan, karena saat bangun pagi perut jadi lapar sekali dan sering kali Anda balas dendam dengan makan terlalu banyak. 

BACA JUGA :   Berkenalan dengan Tentara Cantik Merry Gustianzhari, Jadi Ingin Ikut Wamil Kan?

5. Membuat tidak nyaman

Bekerja dengan perut kosong dapat membuat siapa pun rewel. Anda tidak akan dapat berkonsentrasi jika Anda tidur dengan perut kosong di malam hari dan menjalani hari Anda tanpa memulai dengan sarapan sehat. Ini bahkan dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang mengerikan. Para peneliti dari Universitas Cambridge menemukan bahwa tingkat serotonin kita mulai berfluktuasi ketika kita tidak makan di malam hari.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini