nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wanita Ini Telan Sendok 13 Cm Gara-Gara Tulang Ikan

Nur Anisa Putri, Jurnalis · Kamis 18 April 2019 21:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 18 481 2045296 wanita-ini-telan-sendok-13-cm-gara-gara-tulang-ikan-VR4AMXKQ12.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANAK-ANAK memang terkadang memasukan apa yang mereka temukan ke dalam mulutnya. Tidak jarang pada akhirnya mereka pun tersedak mainan yang nyangkut di tenggorokan.

Tapi, baru-baru seorang dokter di Shenzen, China, menemukan ada sendok logam sepanjang 13 cm dari usus dua belas jari. Bukan di seorang anak, tapi di tubuh seorang wanita.

Sendok tersebut tidak sengaja tertelan, ketika dirinya mencoba mengeluarkan tulang ikan dari tenggorokannya. Pasien yang dikenal sebagai Lily ini diangap sembrono karena sudah menelan sendok besi tahan karat sebelum Festival Qingming.

Anehnya, dia tidak langsung mengunjungi ke rumah sakit lantaran tidak merasakan sakit di perutnya, baru berselang 4 hari kemudian dia memutuskan untuk ke rumah sakit.

Baca Juga: Menantu Jokowi, Selvi Ananda Pakai Selop Mahal saat Nyoblos, Berapa Harganya?
Image result for x-ray

Wanita itu berpikir terlalu sulit dan ribet untuk pergi ke rumah sakit tepat sebelum Festival Qingming, jadi dia baru pergi ke dokter 4 hari setelah kejadian untuk menangani masalahnya itu.

Ketika ia akhirnya tiba di Rumah Sakit Nanshan Shenzhen dan memberi tahu dokter di sana apa yang terjadi, mereka menggunakan sinar-X dan melihat sendok logam besar tersangkut di usus dua belas jarinya

"Karena sendok berada dalam posisi agak horizontal, kami dengan hati-hati menyesuaikannya sebelum ditarik keluar secara vertikal," jelas dr. Sun Tingji, dikutip dari odditycentral, Kamis (18/4/2019).

Sendok logam itu telah menyebabkan pembengkakan dan erosi pada usus dua belas jari pasien, tetapi dokter berhasil mengeluarkannya. Setelah perawatan, wanita itu keluar dari rumah sakit dan diharapkan bisa pulih secara total.

Baca Juga: Potret Cantik Biduan Dangdut Xena Xenita, Body-nya Aduhai Banget!

Masalah yang diderita oleh pasien Lily, ternyata juga sudah pernah terjadi sebelumnya. Oktober lalu, dokter di Urumqi, Xinjiang melepas sendok delapan inci dari seorang pasien berusia 26 tahun setelah dia menelannya dalam keadaan mabuk.

Pada September 2015, ahli bedah juga berhasil mengeluarkan sendok logam enam inci dari seorang wanita, karena terlalu cepat memakan mie-nya. Ada juga seorang siswa menelan sendok es krim berukuran lebih dari lima inci ketika seseorang tidak sengaja menabrak dirinya pada tahun Juni 2015.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini