Kurangi Limbah Plastik, Sekarang Ada Polo Shirt dari Daur Ulang Botol Kemasan

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 19 194 2045636 kurangi-limbah-plastik-sekarang-ada-polo-shirt-dari-daur-ulang-botol-kemasan-rIQmSDUEme.jpg Polo shirt terbuat dari bekas botol plastik (Foto: Poloralphlauren/Instagram)

Salah satu masalah lingkungan paling serius sekarang adalah sampah plastik, yang biasanya berujung menumpuk di lautan sehingga merusak ekosistem laut. Ternyata, hal inilah yang sedang menjadi perhatian perusahaan retail fesyen ternama dari Amerika, Ralph Lauren.

Seperti diwarta Foxnews, Jumat (19/4/2019) Ralph Lauren baru saja merilis salah satu produk ikoniknya, polo shirt namun dengan versi ramah lingkungan, ‘Earth Polo’. Kemeja polo ini dibuat dengan menggunakan bahan material botol plastik daur ulang. Tak hanya material bahannya, disebutkan juga polo shirt ini diproduksi dengan proses pewarnaan yang tidak menggunakan air sama sekali.

David Lauren, selaku pendiri termuda sekaligus chief innovation officer, mengungkapkan melalui siaran media bahwa polo shirt dari daur ulang botol plastik ini dirilis sebagai bagian dari strategi yang lebih luas untuk mencapai target tetap membuat lingkungan segar selama sepanjang proses pembuatan.

“Setiap hari kita belajar tentang apa yang terjadi dengan pemanasan global dan apa yang terjadi di seluruh dunia. Ralph Lauren, termasuk karyawan serta pelanggan kita benar-benar merasa bahwa inilah saatnya untuk melangkah dan membuat perbedaan," kata David.

 Baca Juga: Mengunjungi Tempat Yesus Disalib, Wafat, Dikubur dan Dibangkitkan

Polo shirt ini sendiri diproduksi di Taiwan, sebagai tempat pengumpulan botol plastik. Satu piece polo shirt, dibuat dengan menggunakan rata-rata 12 botol plastik. Dengan mengumumkan program Earth Polo, Ralph Lauren berkomitmen untuk mengeluarkan setidaknya 170 juta botol dari tempat pembuangan akhir dan lautan pada tahun 2025.

Dalam pembuatannya sendiri, Ralph Lauren dikatakan bekerjasama dengan First Mile, sebuah organisasi yang mengumpulkan botol-botol lalu mengubahnya menjadi benang dan kain. Serat-serat baru juga akan digunakan untuk meningkatkan kinerja yang sudah ada yang terbuat dari polyfibers, yang mana memang populer karena punya kemampuan untuk menghilangkan kelembapan.

 Baca Juga: Terlalu Tampan, V BTS Dapat Gelar Best Fashion Face Industri Fesyen

Koleksi kemeja polo ‘Earth Polo’ yang terdiri dari busana untuk pria dan wanita dengan pilihan warna hijau, putih, biru tua dan biru muda ini diketahui lebih lanjut sudah mulai dijual Kamis, 18 April 2019 menjelang Hari Bumi pada Senin 21 April 2019. Para pembeli yang berminat, bisa mendapatkan polo shirt ini melalui pembelian online di situs resmi Ralph Lauren dan juga toko ritel di seluruh dunia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini