nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Kebiasaan Sepele yang Membuat Anda Cepat Bercerai

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 19 April 2019 12:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 19 196 2045494 6-kebiasaan-sepele-yang-membuat-anda-cepat-bercerai-h2ZY5PMBhp.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP pasangan suami istri tentu berharap pernikahan mereka dapat langgeng hingga akhir hayat. Akan tetapi, terkadang ada saja hal-hal yang membuat pernikahan terasa berat sehingga muncul keinginan untuk berpisah, entah itu dari luar atau bahkan masalah internal pasangan.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, alasan orang bercerai tidak selalu karena masalah orang ketiga maupun finansial. Bisa jadi pemicunya adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang tidak disadari. Melansir Bustle, inilah kebiasaan tidak terduga yang dapat menyebabkan perceraian:

Mengungkit kesalahan kecil

Saat menghabiskan banyak waktu bersama seseorang, ada kalanya timbul keinginan untuk membahas kesalahan kecil yang dilakukan pasangan.

Sebenarnya hal ini tidak masalah karena bisa membuat pasangan berubah menjadi lebih baik. Namun apabila dilakukan terus menerus dapat membuat pasangan emosi dan malah memancing pertengkaran.

Baca Juga: Mengunjungi Tempat Yesus Disalib, Wafat, Dikubur dan Dibangkitkan

Terlalu sering mengatakan tidak

Tidak setiap saat orang memiliki suasana hati yang baik. Saat sedang merasa bad mood, mereka cenderung melakukan kegiatan sesuai dengan keinginannya dan menolak permintaan orang lain. Hal ini juga bisa terjadi dalam kehidupan pernikahan.

Namun, terus menerus menolak keinginan pasangan dapat merusak pemikirannya atau bahkan membuat ia merasa tidak aman karena keinginannya selalu ditentang untuk dipenuhi.

Memalingkan wajah saat pasangan berbicara

Saat berbicara, setiap orang tentu ingin didengarkan. Namun bukan hanya sekadar menjadi pendengar, orang yang diajak berbicara pun harus memberikan perhatian lebih.

Apabila Anda cenderung memalingkan wajah saat pasangan Anda berbicara, hal ini malah bisa membawa masalah. Sebab mereka bisa merasa dirinya tidak dianggap penting. Jika kejadian ini berulang, maka bisa menjadi bumerang bagi pernikahan.

Baca Juga: Menantu Jokowi, Selvi Ananda Pakai Selop Mahal saat Nyoblos, Berapa Harganya?

Fokus pada gadget

Hampir sama seperti penjelasan di atas, tidak mendapatkan perhatian sepenuhnya dari lawan bicara dapat membuat seseorang sakit hati.

Sama halnya apabila pasangan mengajak berbicara namun fokus Anda malah ke gadget. Secara tidak sadar ini dapat membuat pasangan merasa dirinya kurang penting dan menarik bagi Anda.

Memutar bola mata

Bahasa tubuh lain yang dapat membuat pasangan marah karena menganggap dirinya tidak penting adalah memutar bola mata ketika dia berbicara. Tindakan yang satu itu menunjukkan erosi perasaan positif antara pasangan dengan menyisakan sedikit ruang koneksi.

Hanya membicarakan hal umum

Dalam membina rumah tangga, pasangan sebaiknya banyak berdiskusi untuk menentukan arah. Namun, jangan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk membicarakan hal umum seperti pekerjaan, bahan makanan, dan cara mengelola rumah.

Hal ini dapat membuat seseorang merasa tidak diperhatikan dan tidak dianggap sebagai pasangan melainkan hanya sekadar teman berbagi kamar. Cobalah luangkan waktu untuk membahas perasaan satu sama lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini