nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beyonce, Penyanyi Fenomenal Sekaligus Wanita Pencetak Sejarah

Rahma Yulita, Jurnalis · Minggu 21 April 2019 17:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 19 196 2045671 beyonce-penyanyi-fenomenal-sekaligus-wanita-pencetak-sejarah-HuHAAr03IK.jpg Beyonce (Foto: CBSNews)

SIAPA sih yang enggak kenal sama penyanyi bernama Beyonce? Ya, bagi sebagian besar orang, Beyonce dikatakan sebagai penyanyi yang mewakili kekuatan, kemandirian, dan kebanggaan.

Dengan lagu-lagunya seperti Independent Women, Single Ladies, dan Girls Run the World, dia meyakinkan wanita bahwa mereka tidak begitu membutuhkan pria untuk bahagia atau sukses. Tidak hanya seorang penyanyi dan pebisnis yang tidak kenal takut, tetapi dia juga seorang istri dan ibu yang berdedikasi.

Lagu Beyonce, Formation, juga telah memicu banyak perhatian media yang positif. Inilah beberapa hal yang membuat Beyonce termasuk ke dalam daftar wanita kuat di dunia seperti yang dilansir dari Nuskool, Minggu (21/4/2019).

 

Menjadi kuat untuk dirinya sendiri

Banyak wanita paling kuat dalam sejarah telah mendorong hambatan masa lalu dan mengambil peran yang secara tradisional hanya diberikan kepada pria. Kisah pribadi Beyonce tentang mengambil kendali atas kariernya dari ayahnya dan sekarang suaminya yang membuat kisahnya sangat mirip dengan kisah Cleopatra yang terkenal itu.

Di Mesir Kuno, sudah menjadi tradisi bagi perempuan untuk menjadi bawahan dari laki-laki. Namun, pada usia 18 tahun ketika Cleopatra diangkat menjadi pemimpin bersama saudara laki-lakinya. Setelah hanya 5 bulan berkuasa, Cleopatra telah menjatuhkan nama kakaknya dari dokumen resmi dan hanya wajahnya yang muncul di koin. Dalam Formasi, Beyonce memperluas mantranya menjadi wanita mandiri dengan menunjukkan bahwa dia telah mengambil kendali atas kariernya sendiri.

 

Memberi pengaruh melampaui ras, jenis kelamin dan berdiri untuk suatu tujuan

Orang-orang paling berpengaruh di dunia tidak serta merta memiliki penampilan seperti Beyonce melalui diri mereka sendiri dengan pertunjukan dan kostum, tetapi banyak dari mereka yang memang berdiri untuk kesetaraan.

Rosa Parks, yang secara umum dianggap sunyi dan memiliki sikap yang bermartabat, tampak seperti kutub yang berlawanan dengan Beyonce, tetapi mereka memiliki beberapa kesamaan. Kesamaan yang jelas adalah mereka berdua sama-sama ingin menyampaikan pesan kesetaraan ras.

Kecantikan sejati

Beyonce selalu menjadi pendukung keindahan alam dan hal ini diungkapkan melalui lagu Bootylicious. Lagu ini mencapai keunggulan budaya sedemikian rupa sehingga istilah Bootylicious dimasukkan dalam Oxford English Dictionary.

Di dalam video klip lagu ini, menunjukkan momen yang berbeda dalam sejarah masyarakat kulit hitam. Video ini juga merujuk pada masa-masa sulit yang telah dilalui oleh komunitas kulit hitam dengan menunjukkan gambar-gambar Martin Luther King dan dengan membuat referensi ke gerakan Black Lives Matter.

Salah satu seniman terhebat sepanjang masa, Frida Kahlo, juga dikenal karena tetap setia pada warisannya dan karena menggambarkan dirinya dan perjuangan pengalaman perempuan. Meskipun karya-karya Kahlo menggabungkan unsur-unsur tradisi religius klasik Meksiko dengan unsur-unsur surealis, dia selalu menolak label "surealis" yang mengatakan bahwa karyanya lebih mencerminkan realitasnya daripada mimpinya.

 

Menciptakan perubahan

Beyonce, seperti banyak wanita hebat dalam sejarah kita, berusaha menciptakan gerakan untuk menciptakan perubahan. Amelia Earhart tidak hanya terbang sendiri melintasi Atlantik, tetapi dia adalah pendukung awal Amandemen Equal Rights dan juga anggota Partai Wanita Nasional. Di tingkat yang lebih berani lagi, Amelia Earhart berperan penting dalam 'pembentukan' sebuah organisasi yang dibentuk untuk membantu pilot perempuan dalam karier mereka. Pesan dari lagu-lagu Beyonce semakin menjadi tentang persaudaraan, dan Formation adalah pengulangan dari pesan ini. (tam)

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini