nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Sabrina Pasterski, Perempuan Muda yang Kepintarannya Hampir Setara Einstein

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 21 April 2019 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 19 612 2045662 mengenal-sabrina-pasterski-perempuan-muda-yang-kepintarannya-hampir-setara-einstein-wdwnlTV07J.jpg Sabrina Paterski (Foto: Wonderfulengineering)

Cantik, muda dan jenius, tiga kata inilah yang rasanya pantas disematkan untuk Sabrina Gonzalez Pasterski. Usianya yang masih 23 tahun telah berhasil memukau banyak orang. Bahkan sejumlah ahli di bidang ilmu pengetahuan mengatakan dia adalah penerus Albert Einstein dan Stephen Hawking.

Sabrina adalah lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT). Selama tiga tahun menempuh pendidikan, dirinya berhasil menyelesaikan sekolah dengan merain nilai point tertinggi yaitu 5,0. Tak sampai di situ, perempuan asal Kuba-Chicago tersebut merupakan kandidat doktor termuda di Harvard University. Hal ini tidak mengherankan mengingat prestasinya berada di atas rata-rata anak seusianya.

Namun itu bukanlah satu-satunya prestasi yang ia miliki. Sabrina pertama kali mendapat perhatian dunia pada tahun 2008 saat usianya baru menginjak 14 tahun. Kala itu ia merekam proses membuat pesawat bermesin tunggal dan mengunggah video tersebut di YouTube. Profesor-profesor dari MIT yaitu Allen Haggerty dan Earl Murman melihat video itu dan merasa heran.

 

“Mulut kami ternganga setelah melihat video tersebut. Potensinya berada di luar grafik,” ujar Allen seperti yang Okezone kutip dari Wonderful Engineering, Minggu (21/4/2019).

Selanjutnya, pada usia 16 tahun, Sabrina menjadi orang termuda yang menerbangkan pesawatnya sendiri di atas Danau Michigan. Seorang sekretaris eksekutif di MIT, Peggy Udden berkata, “Saya tidak percaya. Bukan hanya karena dia masih sangat muda, tetapi lantaran iaseorang gadis. ”

Berbeda dengan anak seusianya, di dunia digital sekarang ini Sabrina mengaku tak memiliki media sosial. Bahkan dia tidak pernah merasakan yang namanya punya pacar, merokok, atau minum minuman beralkohol. Dirinya lebih memilih menggunakan waktu luang untuk menjelajahi konsep-konsep lubang hitam, ruang-waktu, gravitasi kuantum, serta model matematika yang menggabungkan ruang dan waktu menjadi satu kesatuan.

 

Sabrina juga aktif menulis artikel tentang prestasinya. Dia memiliki situs web tersendiri yaitu PhysicsGirl.com. Karyanya yang terkenal antara Semiclassical Virasoro Symmetry of the Quantum Gravity S-Matrix, Gaussian Measures and the QM Oscillator, dan Low’s Subleading Soft Theorem as a Symmetry of QED. Prestasinya di bidang Fisika juga membuatnya menerima beberapa tawaran pekerjaan fantastis dari NASA dan Blue Origins.

Sosok Sabrina juga menginspirasi banyak anak muda. Terbukti, semakin banyak anak muda terutama perempuan yang tertarik mengambil jurusan fisika saat kuliah. Dalam hidup, dirinya juga memiliki prinsip yaitu “Jadilah optimis terhadap sesuatu yang Anda yakin dapat melakukannya. Ketika Anda masih kecil, banyak impian yang ingin dilakukan. Saya memilih untuk tetap melakukannya saat beranjak dewasa.”

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini