Share

Para Perempuan Tangguh dalam Alquran, Tak Semua Berhati Mulia

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 04:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 19 612 2045725 para-perempuan-tangguh-dalam-alquran-tak-semua-berhati-mulia-t6yhq1fvYk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEJAK zaman nabi, perempuan punya peranan besar dalam kehidupan. Mereka dijadikan panutan bagi banyak orang karena pengalaman hidupnya menyentuh.

Sejak dulu tugas perempuan juga sudah berat, tidak kalah dari kaum adam. Tak hanya baik dalam budi pekerti, perempuan di zaman nabi juga wajib dihormati derajatnya.

Bahkan perempuan oleh Allah SWT dijadikan tamsil atau contoh teladan, yang disebutkan dalam Alquran. Bukan saja teladan yang baik, mereka yang kerap bersikap buruk pun dituliskan kisahnya dalam kitab suci umat Islam tersebut.

Siapa sajakah nama-nama perempuan hebat yang kisah hidupnya disebutkan di dalam Alquran ya? Ustadz Fauzan Amin membeberkannya lebih lanjut, kepada Okezone, Sabtu (20/4/2019).

Baca Juga: Pangeran Harry Marah Dengar Ucapan William Tentang Meghan Markle, Kenapa Ya?

1. Maryam

Perempuan yang dikenal sebagai ibunda Nabi Isa ini paling sering disebut di dalam Alquran. Bahkan menjadi nama salah satu surat dalam kitab suci, yaitu Surat Maryam.

Bukan di situ saja, kisah hidup Maryam yang bikin orang lain takjub itu juga tertulis di dalam Surat Al-Imran, Surat Al-Baqarah, An-Nisaa, Al-Ma’idah, At-Taubah, Al-Mu’minun, Al-Ahzab, Al-Hadid, As-Saff, dan Surat at-Tahrim.

 

Adapun ayat yang menjelaskan terkait Maryam dalam Alquran adalah:

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرَانَ الَّتِي أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيهِ مِنْ رُوحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمَاتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهِ وَكَانَتْ مِنَ الْقَانِتِينَ

“(ingatlah) Maryam binti Imran yang memelihara kehormatannya, maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari ruh (ciptaan) Kami. Dan Dia membenarkan kalimat Rabbnya dan kitab-kitab-Nya, dan Dia adalah Termasuk orang-orang yang taat” (QS At-Tahrim: 12)

2. Zulaikha

Zulaikha sering menjadi ikon asmara dalam kisah-kisah cinta. Misalnya kisah asmaranya dengan Nabi Yusuf yang ganteng. Alquran menceritakan bahwa cinta adalah anugerah Allah. Tetapi agama mengatur cara bercinta yang sesuai tuntunan, yaitu melalui akad nikah yang sah.

Berikut cuplikan ayat tentang kisah Zulaikha:

فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ أَرْسَلَتْ إِلَيْهِنَّ وَأَعْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَـًٔا وَءَاتَتْ كُلَّ وَٰحِدَةٍ مِّنْهُنَّ سِكِّينًا وَقَالَتِ ٱخْرُجْ عَلَيْهِنَّ ۖ فَلَمَّا رَأَيْنَهُۥٓ أَكْبَرْنَهُۥ وَقَطَّعْنَ أَيْدِيَهُنَّ وَقُلْنَ حَٰشَ لِلَّهِ مَا هَٰذَا بَشَرًا إِنْ هَٰذَآ إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ

Maka tatkala wanita itu (Zulaikha) mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk. Dan diberikannya kepada masing-masing mereka sebuah pisau (untuk memotong jamuan). Kemudian dia berkata (kepada Yusuf): "Keluarlah (nampakkanlah dirimu) kepada mereka".

Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada (keelokan rupanya). Dan mereka melukai (jari) tangannya dan berkata: "Maha sempurna Allah SWT, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia". (Yusuf 12:31)

Baca Juga: Menantu Jokowi, Selvi Ananda Pakai Selop Mahal saat Nyoblos, Berapa Harganya?

3. Ratu Bilqis

Ratu Bilqie adalah seorang ratu cantik jelita di Negeri Saba', akan tetapi berhasil ditaklukkan oleh Nabi Sure, lalu masuk Islam.

قَالَتْ يَا أَيُّهَا الْمَلأ إِنِّي أُلْقِيَ إِلَيَّ كِتَابٌ كَرِيمٌ (29)

Berkata ia (Balqis) "Hai pembesar-pembesar, sesungguhnya telah dijatuhkan kepadaku sebuah surat yang mulia.

4. Para istri Nabi Muhammad

Beberapa gambaran soal istri Nabi Muhammad SAW juga tertuang di dalam ayat-ayat suci Alquran. Seperti apa bunyi ayat tersebut?

يَٰنِسَآءَ ٱلنَّبِىِّ لَسْتُنَّ كَأَحَدٍ مِّنَ ٱلنِّسَآءِ ۚ إِنِ ٱتَّقَيْتُنَّ فَلَا تَخْضَعْنَ بِٱلْقَوْلِ فَيَطْمَعَ ٱلَّذِى فِى قَلْبِهِۦ مَرَضٌ وَقُلْنَ قَوْلًا مَّعْرُوفًا

"Hai istri-istri Nabi, kamu sekalian tidaklah seperti perempuan yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu tunduk dalam berbicara, sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya, lalu ucapkanlah perkataan yang baik. (QS Al-Ahzab 33:32)

Selanjutnya,

جَعَلَ اللَّهُ لِرَجُلٍ مِّن قَلْبَيْنِ فِي جَوْفِهِ وَمَا جَعَلَ أَزْوَاجَكُمُ اللَّائِي تُظَاهِرُونَ مِنْهُنَّ أُمَّهَاتِكُمْ وَمَا جَعَلَ أَدْعِيَاءكُمْ أَبْنَاءكُمْ ذَلِكُمْ قَوْلُكُم بِأَفْوَاهِكُمْ وَاللَّهُ يَقُولُ الْحَقَّ وَهُوَ يَهْدِي السَّبِيلَ

“Allah SWT sekali-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah kalbu dalam rongganya. Dan Dia tidak menjadikan istri-istrimu yang kamu zhihar itu sebagai ibumu. Dan Dia tidak menjadikan anak-anak angkatmu sebagai anak kandungmu (sendiri). Yang demikian itu, hanyalah perkataanmu di mulutmu saja. Dan Allah mengatakan yang sebenarnya dan Dia menunjukkan jalan (yang benar).” (QS Al-Ahzab, 4)

5. Asiyah

Asiyah binti Muzahim, istri raja Fir’aun yang berkuasa di masa Nabi Musa As. Bahkan, Allah SWT menjadikan Asiyah perumpamaan bagi orang-orang beriman. Asiyah adalah contoh perempuan yg teguh iman & tidak tergoda sedikitpun oleh kenikmatan kekuasaan dan harta.

Allah SWT menyebutkan kisahnya dalam Alquran:

وَضَرَبَ اللهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

"Dan Allah membuat istri Fir’aun perumpamaan bagi orang-orang yang beriman, ketika ia berkata: “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim. (QS at-Tahrim ayat 11).

Kedua:

وَقَالَتِ امْرَأَتُ فِرْعَوْنَ قُرَّتُ عَيْنٍ لِي وَلَكَ ۖ لَا تَقْتُلُوهُ عَسَىٰ أَنْ يَنْفَعَنَا أَوْ نَتَّخِذَهُ وَلَدًا وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

"Dan berkatalah istri Fir’aun: “(Ia) adalah penyejuk mata hati bagiku dan bagimu. Janganlah kamu membunuhnya, mudah-mudahan ia bermanfaat kepada kita atau kita ambil ia menjadi anak”, sedang mereka tiada menyadar. (Qs Al- Qashas: 9)

6. Istri Nuh dan istri Luth

Dalam Alquran tidak hanya contoh yang baik2 saja yg di sampaikan. Contoh perempuan beraklak buruk juga ada. Berikut ada dua perempuan istri nabi yg tetap ingkar kepada Allah:

Al Quran menceritakan;

ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ كَفَرُوا امْرَأَتَ نُوحٍ وَامْرَأَتَ لُوطٍ ۖ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّهِ شَيْئًا وَقِيلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِينَ

"Allah membuat istri Nuh dan istri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami.

Lalu kedua isteri itu berkhianat kepada suaminya (masing-masing), maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah SWT, dan dikatakan (kepada keduanya): "Masuklah ke dalam jahanam bersama orang-orang yang masuk (jahanam)".

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini