nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Wanita Inspiratif Pembuat Sejarah Dunia

Wisnu Kurniawan , Jurnalis · Minggu 21 April 2019 00:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 20 196 2045752 7-wanita-inspiratif-pembuat-sejarah-dunia-vJPJBhhs8j.jpg Amelia Earhart pilot wanita pertama (Foto:Ist)

SOSOK inspiratif adalah sosok yang bisa memberi inspirasi dan dorongan untuk melakukan sesuatu. Tentunya inspirasi ini adalah sesuatu yang positif dan berguna bagi masyarakat. Tidak hanya pria saja, tetapi banyak wanita yang menginspirasi. Dulu, sosok wanita selalu dipandang lemah, mudah menyerah dan tidak bisa sukses melebihi pria.

 

Namun, sekarang wanita mampu berjuang keras dan mewujudkan impiannya, bahkan berhasil menciptakan perubahan positif di berbagai sektor hingga mendapat pengakuan dunia. Sukses adalah hak setiap manusia. Menjadi wanita sukses dan menginspirasi itu hal yang mungkin Anda lakukan asalkan ada kemauan dan usaha. Inilah 7 wanita inspiratif yang mampu mengubah dunia.

 

1. Cleopatra

Hasil gambar untuk cleopatra

Cleopatra adalah penguasa Ptolemeus terakhir Mesir yang hidup pada masa 69 SM hingga 30 SM. Cleopatra berusaha untuk mempertahankan Mesir dari berkembangnya Kekaisaran Romawi. Dalam perjuangannya sebagai Ratu Mesir ia membentuk hubungan dengan dua pemimpin paling kuat Romawi, Marc Anthony dan Julius Caesar. Selain itu, Cleopatra juga sangat terkenal dengan kecantikannya.

2. Katherine Hepburn

Hasil gambar untuk Katharine Hepburn

Seorang artis berkebangsaan Amerika Serikat yang memenangkan dua belas nominasi sebagai aktris terbaik. Katherine Hepburn dilahirkan di Hartford, Connecticut. Dia berkarir di dunia film sejak tahun 1932. Tampil dalam berbagai genre film mulai dari film komedi hingga drama sastra.

3. Marilyn Monroe

Marilyn Monroe lahir pada 1 juni 1926, dibesarkan di Los Angeles. Dia adalah seorang aktris dan peragawati Amerika. Terkenal karena memerankan karakter “si pirang yang bodoh.” Dia menjadi symbol seks paling popular pada 1950-an. Sebagai wanita cerdas, dia merupakan seorang advokat yang sangat berpengaruh dalam hak-hak sipil.

Hasil gambar untuk Marilyn Monroe

4. Amelia Earhart

Hasil gambar untuk Amelia Earhart

Earhart adalah seorang pelopor penerbangan, penulis dan pejuang hak wanita Amerika Serikat. Dia juga wanita pertama yang menerima penghargaan Distinguished Flying Cross. Dia mendapatkan penghargaan itu karena Earhart adalah wanita pertama yang terbang sendiri menyebrangi Samudra Atlantik. Diaa juga membuat banyak rekor lainnya, menulis buku yang terjual paling banyak tentang pengalaman terbangnya, dan memiliki peran penting dalam pendirian Ninety-Nine, organisasi pilot wanita. Amelia Earhart lahir 24 Juli 1897, di Atchison, Kansas, Amerika Serikat.

5. Emmeline Pankhurst

Emmeline Pankhurst adalah pendiri Persatuan Politik dan Sosial Perempuan pada tahun 1903. Persatuan ini memperjuangkan hak pilih perempuan di Inggris selama 25 tahun ke depan. Perjuangan ini kadang-kadang menggunakan taktik militan, seperti pembakaran. Pankhurst sempat dipenjara beberapa kali dan turut berpartisipasi dalam aksi mogok makan ketika di penjara.

Hasil gambar untuk Emmeline Pankhurst

Pankhurst sempat bergabung dengan Masyarakat Fabian dan kemudian bergabung dengan Partai Buruh Independen. Dalam semua pengalamannya dia mengamati posisi inferior perempuan dan penindasan hukum serta sosial oleh laki-laki. Dia menyimpulkan bahwa hanya dengan hak-hak politik bagi perempuan yang akan membebaskan perempuan dan mereformasi masyarakat pada umumnya. Pankhurst lahir 15 July 1858, di Moss Side, Manchester, Lancashire.

6. Bunda Teresa

Bunda Teresa dikenal sebagai seorang birawati Katolik Roma keturunan Albania, berkebangsaan India. Dia juga mendirikan Misionaris Cinta Kasih di Kalkuta, India, pada 1950. Selama lebih dari 47 tahun, dia melayani orang miskin, sakit, yatim piatu dan sekarat. Sementara membimbing ekspansi Misionaris Cinta Kasih yang pertama di seluruh India dan selanjutnya di negara lain. Setelah kematiannya, dia mendapat gelar beata oleh Paus Yohanes Paulus. Pada 1970-an, dia menjadi terkenal di dunia Internasional untuk pekerjaan kemanusiaan dan advokasi bagi hak-hak orang miskin dan tak berdaya.

Hasil gambar untuk Bunda Teresa

 

7. Florence Nightingale

Florence adalah seorang perawat. Dedikasi pada profesinya dan juga sesame rekan perawatnya memberi arti baru bagi profesi keperawatan. Dia telah menyelamatkan banyak nyawa prajurit selama perang Krimea dan membuat perubahan besar pada pandangan perawat lainnya. Baginya, menjadi perawat bukanlah pekerjaan melainkan pengabdian.

Hasil gambar untuk Florence Nightingale
1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini