nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cantiknya Semarak Pernak-pernik Paskah di Manado

Subhan Sabu, Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 13:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 20 406 2045810 cantknya-semarak-pernak-pernik-paskah-di-manado-pWU2YpeZsY.jpg Semarak pernah-pernik Paskah di Manado (Foto: Subhan Sabu/Okezone)

Jelang perayaan Paskah, beberapa wilayah di Kota Manado mulai marak dipajang berbagai ornamen dan pernak-pernik Paskah atau perayaan kebangkitan Yesus Kristus yang jatuh pada Minggu, 21 April 2019 mendatang.

Sejumlah ornamen seperti kayu salib disertai kain selendang warna ungu juga berbagai macam lampu hias dan lampion kian menambah semarak suasana Paskah di malam hari.

Seperti yang dilakukan oleh Jemaat GMIM Golgota Malendeng, kecamatan Paal Dua, Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Gereja yang terletak di atas bukit itu sekelilingnya dibuatkan taman paskah oleh masing-masing kolom yang berjumlah 13 kolom.

"Ini program tiap tahun dan dinilai, pemenangnya nanti akan diikutsertakan dalam lomba taman paskah tingkat wilayah, yang dinilai tamannya sendiri dan konsep theologia," ujar Revin Lewa, Penatua jemaat kolom 2.

pernak pernik

Lain lagi dengan jemaat GMIM Saptamarga Solafide Perkamil, Kecamatan Paal Dua, Kota Manado, Sulut. Setiap lorong dihiasi dengan ornamen paskah sesuai dengan tema yang diberikan Gereja untuk masing-masing kolom.

Setiap tahunnya masing-masing kolom punya tema Paskah sendiri-sendiri. Salah satunya di Kolom 7 yang mendapatkan tema tabut perjanjian Allah.

"Selain menyemarakkan nuansa Paskah, ornamen dan hiasan Paskah juga turut dilombakan, yang dinilai untuk bagian dataran dan pegunungan," kata Yance Kumaat, Penatua Kolom 7.

paskah

Makna Paskah sendiri menurut Yance ada suatu pengakuan iman menyatakana bahwa bagaimana penderitaan Yesus pribadi dia sebagai manusia dibawa untuk keselamatan manusia

"Dia utuhnya sebagai manusia, tapi bagaimana penderitaan itu dibawa untuk keselamatan umat manusia, keselamatan orang yang percaya," kata Yance

paskah

Maknanya menandakan bahwa kasih Tuhan Allah dalam kehidupan manusia yang diselamatkan oleh Yesus dalam penderitaan.

"Jadi makna ini yang membangkitkan pengakuan iman kami bagaimana kemenangan yang sudah dimenangkan oleh Yesus Kristus di kayu salib," pungkasnya

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini