4 Perempuan Indonesia dengan Prestasi di Panggung Dunia, Inspiratif seperti Kartini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 20 April 2019 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 20 612 2045778 4-perempuan-indonesia-dengan-prestasi-di-panggung-dunia-inspiratif-seperti-kartini-QASLoEu6H9.jpg Menteri Sri Mulyani (Foto : Okezone)

Perempuan kini bukan lagi 'tukang' dapur. Mereka sudah bisa berkarya dengan dirinya sendiri, bahkan beberapa di antara mereka ada yang dikenal hingga mancanegara.

Perubahan ini tentunya bukan sesuatu yang instan. Pemahaman yang semakin terbuka dengan kesadaran akan pentingnya menghargai diri sendiri menjadi salah satu fondasi dari perubahan yang terbilang besar ini. Ya, perempuan sekarang banyak yang berprestasi.

Hal ini sejalan dengan mimpi RA Kartini kala itu. Di mana, dia dulu berharap setiap perempuan Indonesia bisa menjadi orang hebat dengan caranya sendiri. Itu berarti mereka para perempuan yang memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga bukan yang tidak hebat, lho.

Sebab, menjadi ibu rumah tangga juga adalah sesuatu yang luar biasa dan tak semua orang bisa melakukannya. Intinya, menjadi perempuan yang bisa menjalani hidup sesuai dengan apa yang dia kehendaki.

infografis

Nah, untuk kali ini, Okezone coba membahas 4 perempuan hebat Indonesia yang berprestasi di luar negeri. Ya, mata dunia sudah pernah melihat mereka dan karya mereka tak bisa diragukan lagi. Siapa saja mereka?

1. Sri Mulyani

Di 2018, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati, mendapatkan Penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates. Penghargaan tersebut diserahkan oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Lalu, di 2019, Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai menteri keuangan terbaik di 2019. Majalah keuangan The Banker yang memberikan penghargaan tersebut. Hal ini tak lepas dari segala bentuk upaya dan kebijakan Sri Mulyani yang dianggap luar biasa untuk negara Indonesia. Salah satunya ialah mempertahankan ekonomi bangsa dikala bencana alam melanda.

sri mulyani

2. Evvy Kartini

Sama seperti namanya, mungkin orangtua dari perempuan ini ingin anaknya kelak jadi Kartini untuk Indonesia. Mimpi tersebut terkabul, Evvy Kartini ialah salah seorang perempuan hebat Indonesia. Di mana, dia tercatat sebagai ilmuwan dengan gelar Prof Dr rer nat, akronim rerum naturalium. Bidang yang langka di dunia, apalagi di Indonesia. Dari sepuluh ahli nuklir dunia, Evvy salah satunya. Di kalangan internasional, Evvy memiliki reputasi terhormat.

Dia dikenal sebagai ilmuwan penemu penghantar listrik berbahan kaca dengan teknik hamburan neutron yang berdaya hantar sepuluh ribu kali lipat dari bahan sebelumnya. Google Scholar mengindex namanya sebagai salah satu pakar energi terhormat.

Ewy Kartini

3. Rini Sugianto

Perempuan ini berkiprah dalam dunia seni, perfilman adalah pilihannya. Dunia mencatat kalau Rini ialah animator hebat dunia asal Indonesia. Karyanya bisa Anda lihat di beberapa film Hollywood, sebut saja Avengers: Age of Ultron, Teenage Mutant Ninja Turtles, The Hunger Games: Catching Fire, hingga The Adventures of Tintin.

Peran sebagai animator dan visual effect lekat pada lulusan jurusan Animasi Academy of Art University, San Fransisco, Amerika Serikat ini. Hingga sekarang Rini masih terus berkarya dan tentunya mengibarkan bendera Indonesia dengan caranya sendiri.

Rini Sugianto

4. Tri Mumpuni Wiyatno

Nama Tri Mumpuni heboh setelah mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memuji dirinya secara langsung. Ya, dalam keterangannya, Obama mengagumi Tri atas perannya membangun kawasan pedesaan. Dari tangan Tri, projek listrik mikro hidronya berhasil menerangi tak kurang 60 pelosok dengan listrik mandiri.

Tri Mumpuni

Bahkan, ilmu yang dimiliki Tri diaplikasikan juga di salah satu desa di Filipina. Perannya dalam menciptakan penemuan ini tentu bermanfaat bagi dunia, terlebih dia mencipta tenaga listrik ini bukan dari bahan bakar fosil, melainkan aliran sungai yang mana itu berarti energi listrik ini sangat ramah lingkungan. Wah, sudah berhasil mencipta sesuatu yang bermanfaat, ciptaannya juga tidak merusak bumi. Keren!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini