nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kelebihan Ini Dimiliki oleh Wanita, Pria Belum Tentu Bisa

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 21 April 2019 20:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 21 481 2045996 5-kelebihan-ini-dimiliki-oleh-wanita-pria-belum-tentu-bisa-jl0CU9CElp.jpg Ilustrasi (Foto: Entitymag)

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini turut pula didasari oleh jenis kelamin. Tak sedikit ahli yang mempelajari perbedaan antara pria dan wanita. Salah satunya seorang psikolog riset dari Weill Medical College Cornell University, Peggy Drexler.

Dirinya menemukan pria dan wanita pada umumnya memiliki cara berbeda dalam mengekspresikan emosi, menyelesaikan konflik, berkomunikasi, dan mengalami penyesalan. Dalam perbedaan itu, ada beberapa aspek yang menunjukkan wanita lebih baik. Melansir The List, Minggu (21/4/2019), inilah kelebihan wanita dibanding pria:

Sistem kekebalan tubuh yang cepat dan kuat

Saat kondisi fisik melemah, wanita masih bisa melakukan serangkaian aktivitas. Sedangkan pria pada umumnya hanya bisa terbaring di tempat tidur. Seorang ahli imunologi di Heinrich Pette Institute di Jerman, Marcus Altfeld, mengatakan tubuh perempuan memiliki sistem kekebalan yang sangat cepat dan kuat. Hal ini membuat mereka masih bisa beraktivitas meskipun terserang flu.

Lebih baik mencerna informasi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Fakultas Kedokteran Universitas Indiana wanita menggunakan kedua sisi otak mereka untuk mendengar, sedangkan pria hanya menggunakan satu. Hal ini membuat mereka lebih mudah mencerna informasi yang didengarnya. Namun belum ada penelitian yang menunjukkan kemampuan mendengar wanita juga lebih baik dibanding pria karena alasan ini.

 

Toleransi tinggi terhadap nyeri

Beberapa ahli menemukan pria memiliki ambang nyeri yang lebih tinggi dibanding wanita. Akan tetapi, kemampuan untuk menolerir rasa nyeri itu lebih baik pada wanita. Bayangkan saja, wanita mampu menahan kram menstruasi setiap bulan dan kontraksi saat melahirkan.

Indra penciuman lebih sensitif

Pada pria dan wanita, reseptor bau di dalam hidung mengirimkan sinyal melalui saraf penciuman ke bohlam penciuman lalu dilanjutkan ke otak untuk mencari tahu aroma yang dihirup. Pria hanya memiliki sembilan juta sel di bohlam penciumannya sementara wanita memiliki 16 juta sel. Hal ini membuat wanita menjadi lebih sensitif terhadap bau. Selain itu, wanita juga memiliki dua kali lipat jumlah neuron yang membantu menafsirkan informasi dibanding pria.

Kemampuan berpikir logis lebih baik

Ragini Verma, seorang analis pencitraan biomedis di University of Pennsylvania dan menemukan wanita cenderung lebih baik dalam mengerjakan tugas yang melibatkan pemikiran logis dan intuitif. Sedangkan pria, lebih baik pada keterampilan motorik.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini