nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Srikandi Indonesia yang Disegani Dunia, Siapa Saja Mereka?

Dito Bagus Wibowo, Jurnalis · Minggu 21 April 2019 08:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 21 612 2045979 4-srikandi-indonesia-yang-disegani-dunia-siapa-saja-mereka-8umF2KUlmp.jpg Perempuan disegani (Foto: Youtube)

PADA 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Indonesia bukanlah negara yang selalu di kenal dengan para pendemo dan para koruktornya saja, di sisi lain Indonesia juga mempunyai srikandi-srikandi hebat yang bisa membawa harum nama Indonesia di mata dunia dan patut bangga memiliki mereka.

Hari Perempuan Internasional sendiri untuk memperingati perjuangan seorang perempuan dalam memperoleh hak-haknya di masyarakat. Hingga saat ini telah banyak lahir para kaum perempuan yang telah membuktikan dirinya bahwa mereka sama baiknya dengan kaum laki-laki dalam berbagai aspek bidang.

Meraih kesukssan tidaklah mudah, ada banyak cobaan yang seringkali menghalangi Anda menggapai cita-cita. Untuk menghadapi ini, dituntut untuk selalu bersikap gigih dan tidak mudah menyerah.

Mereka telah membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara besar yang patut untuk dihormati, Di negeri yang pada zaman malaise dulu orang-orangnya dianggap sebelah mata, ternyata memiliki orang-orang hebat yang mampu mengguncang dunia.

Nah, berikut ini nama-nama srikandi asal Indonesia yang namanya harum, memiliki prestasi dan ditakuti oleh negara lain. Penasaran? Inilah beberapa yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber,.

Kenapa Mayoritas Wanita Lebih Panjang Umur Ketimbang Pria? Ini Alasan Ilmiahnya

1.Niluh Djelantik

Pengusaha sepatu asal Bali, mempunyai prestasi yang hasil karyanya sukses dikanca Dunia. Giselle Bundchen menjadi salah satu pelanggan tetap yang sangat fanatik terhadap hasil karyanya.

Masa kecil yang keras menempa Niluh Djelantik menjadi sosok yang kuat, berasal dari keluarga yang sederhana. Ketika itu perasaan sedih yang di alaminya karena kedua orangtuanya bercerai sejak ia berusia satu tahun.

Akhirnya, ia memutuskan untuk mencoba peruntungan lewat sepatu dengan menjalin kerjasama bersama Cedric Cador, pria yang kemudian menjadi suaminya. Tekadnya dalam membuat sepatu yang nyaman masih saja tetap membara. Hasil karya selama 11 tahun sukses memikat hati para langganannya.

 

2.Butet Manurung

Kini, namanya sudah terkenal sebagai salah satu perintis pendidikan di pedalaman Indonesia. Dedikasinya untuk pendidikan suku pedalaman diakui di dalam maupun luar negeri.

Selain Majalah Time, ia juga medapat penghargaan Manusia dan Biosfer Award oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), UNESCO Indonesia, Young Global Leader oleh forum Ekonomi Dunia, Social Entrepreneur of the Year oleh Ernst and Young, dan Ramon Magsaysay Award.

Selain memiliki rasa cinta pada alam yang begitu tinggi, Butet juga punya kepedulian besar pada pendidikan untuk masyarakat di pedalaman Indonesia. Hal ini muncul ketika ia melakukan perjalanan dan melihat sendiri suku pedalaman yang dianggap bodoh, miskin dan primitif, sehingga sering ditipu. Butet merasa harus melakukan sesuatu untuk mereka.

Setelah berhasil meraih gelar sarjana, Butet pun langsung memilih pekerjaan yang berhubungan dengan alam, yaitu sebagai pemandu wisata di Taman Nasional Ujung Kulon.

Namun, pekerjaan ini tidak memuaskannya. Ia merasa jenuh sampai akhirnya menemukan iklan lowongan kerja untuk menjadi fasilitator pengajar di pedalaman bagi suku Jambi Orang Rimba, Jambi dari Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warung Informasi Konservasi (Warsi), LSM yang berkonsentrasi terhadap isu konservasi hutan di Sumatra.

 

3.Liliyana Natsir

Keputusan Liliyana Natsir gantung raket bukan hanya membuat sedih publik bulutangkis di Indonesia.

Liliyana bukan pemain sembarangan. Kontribusinya untuk bulutangkis Indonesia maupun dunia sangat besar. Berbagai gelar bergengsi jadi koleksi pemain yang sudah 24 tahun bergelut di kancah bulutangkis itu. Liliyana Natsir telah memperkuat tim nasional Indonesia selama 17 tahun.

Pemain asal Manado tersebut tercatat memiliki empat gelar Kejuaraan Dunia, hattrick titel All England, hingga meraih medali emas pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Dia meraih gelar-gelar tersebut saat masih berpasangan dengan Nova Widianto hingga berpartner dengan Tontowi Ahmad.

Selain berjaya di sektor ganda campuran, Liliyana Natsir juga pernah berkiprah di nomor ganda putri. Salah satu pasangannya di sektor ganda putri adalah Vita Marissa. Liliyana Natsir menyudahi karier gemilangnya di Indonesia Masters 2019. Meski tak muda lagi, Liliyana Natsir tetap konsisten bahwa ia membuktikan kalau masih perkasa.

4.Sri Mulyani

Menteri keuangan terbaik di Asia pada tahun 2007 dan 2008. Pada tahun 2010, Sri Mulyani ditunjuk menjadi salah satu dari tiga Direktur Pelaksana Bank Dunia. Ia menggantikan Juan Jose Daboub, yang menyelesaikan empat tahun masa jabatannya pada 30 Juni, mengatur dan bertugas diatas 74 negara di Amerika Selatan, Karibia, Asia Timur dan Pasifik, Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sri Mulyani sebelumnya dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia, Ia pernah menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak 1998.

Tahun 2016, ia kembali dinobatkan masuk dalam jajaran 100 wanita yang mempunyai peran penting.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini