nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Targetkan Jadi Barometer Fesyen Muslim Dunia

Rahma Yulita, Jurnalis · Senin 22 April 2019 19:08 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 22 194 2046640 indonesia-targetkan-jadi-barometer-fesyen-muslim-dunia-MgyPVyOBmp.jpg

SEIRING berkembangnya industri mode di Indonesia, sudah banyak para desainer yang mengembangkan busana muslim sebagai produk andalan mereka. Bukan karena mode saja, tapi karena busana muslim termasuk dalam daftar busana yang laris di Indonesia.

Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber mengatakan, bukan hanya di Indonesia saja, tapi seluruh dunia mengakui bahwa busana muslim memiliki potensi pasar yang sangat besar. Merespon situasi tersebut, dibentukan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) sebagai gerbang yang menjembatani fesyen muslim di Indonesia.

“Busana muslim akan diminati atau pasarnya akan besar sekali di Indonesia. Untuk respons pasar yang semakin besar, selain mengadakan event, sebagai pelaku industri juga kita mempersiapkan dengan baik. Caranya dengan terus menanamkan identitas Indonesia agar mampu menjadi barometer fesyen muslim dunia,” ujarnya dalam acara Press Conference di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Baca Juga : 5 Dokter Super Cantik yang Berprestasi, Yakin Gak Mau Check Up?

Produk-produk lokal yang menampilkan identitas Indonesia, jika berhasil menembus pasar internasional, akan secara pesat mengenalkan Indonesia ke pasar dunia. Selain itu, modest wear juga penting diterapkan, karena menjadi etika berpakaian sebagai seorang muslim atau muslimah.

Selain bersaing di dalam negeri, diharapkan Indonesia juga mampu bersaing di dunia. Dengan mengusung konsep Sustainable Fashion, Indonesia diharapkan mampu mengenalkan sesuatu yang berbeda dari negara-negara lain sehingga mode yang diperkenalkan akan dengan mudah masuk karena keunikannya sendiri.

Bersaing secara kualitas adalah salah satu hal yang bisa ditawarkan kepada dunia dimana Indonesia memiliki produk yang patut dibeli oleh dunia. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar, Indonesia juga tak segan lagi untuk melebarkan sayap pasarnya ke dunia. Target terjauh yang hendak dicapai adalah menjadi barometer fesyen muslim dunia.

Masyarakat Indonesia kini sudah semakin maju dan hal ini terlihat dari gaya mereka memadukan busana muslim menjadi suatu tren yang dianggap keren. Bukan hanya semata-mata untuk mode saja, tapi busana muslim pun sudah tidak asing dikenakan sebagai pakaian sehari-hari. Banyak desainer muda pun yang mulai terjun untuk mengembangkan busana muslim dengan sentuhan milenial, yang membuat banyak anak muda meminatinya.

Hal ini diharapkan mampu membantu Indonesia untuk menjadi barometer fesyen muslim dunia, dengan menghadirkan busana muslim yang kental dengan identitas Indonesia, namun tidak mengurangi unsur estetik dari busana itu sendiri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini