nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Putra Mahkota Kerajaan Malaysia Nikahi Perempuan Swedia

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Senin 22 April 2019 18:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 22 196 2046627 putra-mahkota-kerajaan-malaysia-nikahi-perempuan-swedia-OEaogKQBo5.jpg Putra mahkota Kerajaan Malaysia nikahi perempuan Swedia (Foto: Dailymail)

Putra Mahkota Malaysia Tengku Muhammad Faiz Petra, 45, menikahi wanita Swedia Louise Johansson, 32, dalam acara pernikahan mewah pada 19 April lalu.

Alumnus sastra Inggris dan sosiologi dari Mjolby, Swedia, itu bertemu Petra di Inggris setelah pindah ke negara itu untuk bekerja sebagai seorang asisten. Petra sedang kuliah di Inggris saat itu. Tahun pasti perte muan keduanya belum diumum kan. Pernikahan keluarga keraja an Malaysia itu digelar di Istana Balai Besar yang dibangun pada 1840-an sebagai kediaman resmi sultan Kelantan. Pernikahan pasangan itu digelar tertutup dengan hanya 300 tamu undangan.

“Pernikahan itu dipimpin oleh Kepala Pengadilan Syariah Ke lantan Datuk Daud Mo hamad. Sejumlah gambar dalam acara resepsi pernikahan itu pun diunggah di media sosial. Gambar-gambar itu menunjuk kan acara itu digelar secara mewah,” ungkap laporan Daily Mail.

Putra mahkota itu menjadi keluarga Kerajaan Malaysia terbaru yang menikahi warga non-Melayu. Pada November tahun lalu, saudara kandung Petra, Sultan Muhammad, 49, menjadi berita utama saat menikahi mantan Miss Moskow dan model Oksana Voevodina, 25. Sultan Muhammad kemudian menyerahkan takhtanya setelah tiga bulan menjabat. Pengunduran diri itu dilakukan beberapa saat setelah laporan tentang pernikahannya diketahui publik.

putra

Sudah menjadi tradisi bahwa posisi raja di Malaysia digilir bergantian dari sembilan sultan dengan masa jabatan lima tahun. Pada 2017, mantan pemain sepak bola semi-profesional dari Lisse, Belanda, Dennis Muhammad Abdullah, bergabung dengan keluarga Kerajaan Malaysia setelah menikahi Putri Tunku Tun Aminah Sultan Ibrahim, satu-satunya putri Sultan Johor.

Sudah menjadi tradisi Malaysia bahwa keluarga kerajaan harus beragama Islam. Model glamor asal Rusia, Oksana Voevodina memiliki nama Muslim sebagai Rihana dan Dennis Muhammad Abdullah telah menjadi mualaf sebelum pernikahan nya berlangsung. Meski demikian, belum ada informasi resmi apakah Louise Johansson akan menjadi Muslim. Per nikahan antara Putra Mahkota dan Louise Johansson digelar elegan pada Jumat 19 April dengan keduanya mengenakan pakaian lengan panjang berwarna kuning pucat.

Pakaian itu dipenuhi dengan bordir rumit dari benang emas de ngan pengantin wanita menge nakan kerudung panjang dan tiara berkilau. Putra Mahkota Tengku Muhammad Faiz Petra memakai baju tradisional Malaysia untuk acara pernikahan. Para tamu undangan termasuk Duta Besar Swedia Dag Juhlin-Dannfelt dan keluarga Louise Johansson yang terbang dari Swedia.

Setelah acara itu, makan malam digelar di istana dengan beberapa tamu mengunggah foto di Instagram yang menunjukkan meja panjang mewah. Karangan bunga berukuran besar juga menghiasi meja dengan bunga berwarna kuning dan putih sebagai karangan bunga pengantin wanita.

Sementara itu, Oksana Voevodina dikabarkan telah mengandung anak pertamanya dengan Sultan Muhammad. “Pasangan ini menantikan bayi pertama mereka dan telah sepenuhnya mengabdikan diri untuk keturunan mereka di masa depan,” ungkap laporan surat kabar Rusia, Komsomolskaya Pravda dilansir The Sun pada Januari lalu.

Ayah Voevodina, Gorbatenko, menolak berkomentar tentang kehamilan putrinya seperti yang dilaporkan media Rusia. Dia juga enggan bicara soal pengunduran diri raja Malaysia yang kini menjadi menantunya. “Mereka memiliki kehidupan mereka sendiri, saya menjalani hidup saya,” kata dia.

“Saya dapat memberi tahu Anda satu hal sebagai dokter. Ketika saya bertemu dengannya untuk pertama kalinya, saya bersantai di suatu tempat yang jauh,” ungkap dia. Dia menambahkan, “Saya langsung merasa bahwa Oksana akan baik-baik saja dengannya. Mungkin, hati (seorang) ayah memberi tahu saya.” Setelah Sultan Muhammad mengundurkan diri dari takhta raja, keluarga Kerajaan Malaysia memilih Sultan Abdullah Ahmad Shah sebagai raja baru Malaysia. Sultan Abdullah, 59, penguasaan Negara Bagian Pahang, dilantik pada 31 Januari untuk mendapatkan gelar Yang di-Pertuan Agung dengan masa jabatan lima tahun.

Malaysia merupakan kerajaan konstitusi dengan raja yang menjalankan peran seremonial semata, termasuk penjaga Islam di negara mayoritas Muslim tersebut. Raja Malaysia juga diper lukan untuk persetujuan pe nunjukan perdana menteri dan berbagai posisi menteri senior.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini