nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Serunya Menjelajahi Kota Tua Dubrovnik, King's Landingnya Game of Thrones

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 22 April 2019 11:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 22 406 2046363 serunya-menjelajahi-kota-tua-dubrovnik-king-s-landingnya-game-of-thrones-QJPE7v8a05.jpg

SEBAGAI fans berat serial televisi HBO Game of Thrones, mengunjungi lokasi syutingnya yang tersebar di beberapa negara Eropa menjadi sebuah keharusan.

Salah satu lokasi syuting Game of Thrones yang ikonik adalah kota Dubrovnik, Kroasia. The Pearl of Adriatic telah lama menjadi kota wisata yang ramai dan sejak kemunculannya dalam Game of Thrones, kota pesisir lautan Adriatik ini semakin dibanjiri turis.

Saya memilih traveling ke Dubrovnik pada musim gugur dengan tujuan menghindari sesaknya kota oleh turis yang datang pada musim panas. Dari Herceg Novi, Montenegro saya naik bus Globtour seharga 14 Euro (Rp222.600,00) yang membawa saya ke Dubrovnik dalam waktu 1,5 jam. Ternyata sampai di sana saya cukup kaget. Di musim gugur pun Dubrovnik masih ramai oleh wisatawan. Banyak turis lansia yang traveling ke Dubrovnik di musim gugur.

Kota tua Dubrovnik berada persis di pinggir laut Adriatik. Kota abad pertengahan ini berukuran sangat kecil, dilindungi oleh tembok di sekililing kota dan beberapa benteng. Untuk masuk kota kita perlu melewati gerbang yang bernama Pile. Kota tua Dubrovnik inilah yang menjadi lokasi syuting ibukota fiktif King’s Landing dalam serial Game of Thrones.

Rasanya familiar saat saya menjejakkan kaki di jalan utama kota tua Dubrovnik. Pun ketika menelusuri gang-gang kecil dan menaiki puluhan anak tangga. Rupanya karena banyak sudut di kota tua Dubrovnik telah saya lihat dalam serial Game of Thrones. Bedanya, di dunia nyata ada banyak sisi jalan dan gang di kota tua ini yang dipakai sebagai tempat duduk restoran. Mau jalan di gang sempit pun jadinya mesti ekstra hati-hati.

Beberapa scene penting Game of Thrones diambil di atas benteng dan tembok kota Dubrovnik. Benteng Minceta adalah tempat di mana tokoh utama Daenerys Targaryen mencari naganya yang hilang. Sementara benteng Bokar menjadi tempat dimana Tyrion Lannister dan Lord Varys berjalan-jalan sekaligus menyusun strategi perang.

Baca Juga : Kena Kasus Penghinaan, Intip Modisnya Istri Andre Taulany

Dubrovnik tak semata ramai turis karena Game of Thrones. Kota medieval ini memang sangat cantik dan kaya sejarah. Banyak turis yang mengunjungi Dubrovnik karena terpesona oleh keindahan kota tuanya yang masih kokoh berdiri dan terawat baik. Juga karena keindahan pemandangan lautan Dubrovnik dari atas tembok kota. Sementara yang lainnya traveling ke Dubrovnik untuk menikmati cuaca yang lebih hangat dibanding bagian Eropa lainnya.

Atraksi utama di kota tua Dubrovnik adalah tembok kotanya. Tembok Dubrovnik merupakan tembok kota terpanjang di Eropa dengan panjang mencapai 1940 meter. Untuk mengelilingi seluruh bagian tembok saya perlu waktu 1,5 jam.

Tak cuma tembok dan bentengnya yang mengagumkan, tapi dari atas tembok kota saya bisa melihat view pelabuhan Dubrovnik yang ramai dengan kapal. Atau bagian belakang rumah dan kebun milik warga Dubrovnik. Di satu sisi tembok ada juga Cliff bar, sebuah bar yang terletak persis di tepi tebing. Bar ini menawarkan sensasi nongkrong di tepi tebing dengan view lautan Adriatik. Seru!

Baca Juga : 5 Dokter Super Cantik yang Berprestasi, Yakin Gak Mau Check Up?

Untuk menjelajah kota dan isinya tak diperlukan tiket masuk alias gratis. Namun kalau mau naik ke atas tembok Dubrovnik perlu membeli tiket. Saya memutuskan beli Dubrovnik card 1 hari seharga 200 Kuna atau Rp.441.300,00.

Dengan kartu ini saya bisa naik ke atas tembok Dubrovnik, fort Lovrijenac, Rector palace, Fransiskan monastery dan masuk ke beberapa museum di dalam kota tua Dubrovnik. Dubrovnik card bisa dibeli di toko-toko suvenir di dalam kota tua. Tapi sebelum dipakai mesti diaktifkan dulu di pusat informasi turis yang berada di luar kota tua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini