nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Kuat Puasa? Coba Praktekkan Gerakan Zumba

Anggun Tifani, Jurnalis · Senin 22 April 2019 13:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 22 481 2046400 ingin-kuat-puasa-coba-praktekkan-gerakan-zumba-ywggQcu5JI.jpg

OLAHRAGA dance Zumba kian hari makin digemari masyarakat perkotaan. Khas tarian latin dengan gerakan lincah dan penuh semangat, zumba dance tak hanya dapat menurunkan berat badan, namun juga menjaga kesehatan jantung.

Menurut data World Health Organization (WHO) lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal karena penyakit kardiovaskular. Tercatat di Indonesia sendiri, 37% tingkat kematian disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah. Sakit jantung pun menjadi penyebab kematian nomor satu di Indonesia.

Salah seorang instruktur zumba, Meta mengatakan bahwa gerakan kardio yang ada pada Zumba dance, dapat berfungsi untuk menyehatkan jantung.

"Kalau ada gerakan lebih ke kardio, itu untuk kesehatan jantung, peredaran darah biar lancar. Bisa menghilangkan stres juga," ujar Meta saat ditemui di TangCity Mall, Tangerang.

Gerakan zumba yang dianggap enerjik, bisa menjadikan kondisi lemas dan lesu saat puasa kembali menjadi lebih fresh. "Kebanyakan yang ikut zumba pasti orangnya 'segar-segar' kelihatan lebih fresh gitu. Malah kelihatan lebih ceria juga," ungkapnya.

Untuk mengoptimalkan manfaat, Meta menyarankan agar gerakan Zumba rutin dilakukan. "Zumba cukup minimal seminggu dua kali. Tergantung kualitas zumbanya. Idealnya melakukan zumba itu 45 menit sampai satu jam nonstop," imbuhnya.

Baca Juga : Kena Kasus Penghinaan, Intip Modisnya Istri Andre Taulany

Namun begitu, bagi pemula atau orang yang belum terbiasa, yang dalam pertengahan waktu mengalami kelelahan dapat istirahat di tempat sambil perlahan mengikuti gerakan instrukstur.

"Ini olahraga fun dan tidak ada olahraga yang berteknik sekali jadi semua bisa ikut. Karena mereka kalau gak bisa ngikutin kita bisa joget sendiri, freestyle gitu asal enjoy aja," ucapnya.

Sementara, instruktur lainnya, Arif mengakui zumba banyak memberikan dampak kesehatan. "Biasanya kalau ada yang rutin ikut zumba yang tadinya gemuk itu bisa lebih ramping, dan kelihatan lebih sehat banyak contoh yang kayak gitu," katanya.

(ful)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini