nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Alasan Sarapan Telur Baik untuk Kesehatan

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 07:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 22 481 2046519 5-alasan-sarapan-telur-baik-untuk-kesehatan-3LahYDHCCg.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Memilih telur sebagai menu sarapan adalah hal yang bagus. Menu-menu dari olahan telur sangat mudah dibuat, sehingga praktis digunakan untuk sarapan bagi orang-orang yang sibuk di pagi hari.

Mudah dibuat dan memiliki gizi tinggi, telur sangat bermanfaat untuk tubuh. Kuning telur misalnya, telah diteliti dapat meningkatkan kadar kolesterol. Selain itu, telur juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Simak ulasannya dilansir dari Ndtv, Selasa (23/4/2019):

Tinggi protein

Telur disebut-sebut sebagai sumber protein terbaik. Sarapan menggunakan telur pun memicu rasa kenyang, sehingga bagus untuk menurunkan berat badan. Protein juga membantu mengatur hormon ghrelin, sehingga Anda tidak mudah craving (ngidam) makanan.

 Baca Juga: 5 Tips Makan Sehat untuk Mengurangi Lemak di Perut

Meningkatkan antioksidan

Telur memiliki kandungan antioksidan yang membantu memberi manfaat bagi jantung, kulit, dan kesehatan secara menyeluruh. Menurut buku Healing Foods oleh DK Publishing, kuning telur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang membantu melindungi mata dan mencegah kehilangan penglihatan terkait masalah usia. Telur juga mengandung tryptophan dan tyrosine serta asam amino antioksidan yang membantu mencegah kanker dan penyakit jantung.

 

Bagus untuk tulang

Telur adalah sumber vitamin D dan fosfor yang baik, sehingga bagus untuk kesehatan tulang dan gigi Anda. Jika pekerjaan Anda tidak memungkinkan tubuh mendapat sinar matahari, tambahkan telur ke menu sarapan Anda.

 Baca Juga: Kenali Efek Samping Filler, Stroke Sampai Buta Permanen

Baik untuk energi

Telur berperan dalam menjaga kadar gula darah yang sehat. Hal ini membantu seseorang mempertahankan tingkat energinya. Telur juga diperkaya dengan protein dan nutrisi seperti tiamin, riboflavin, folat, B12 dan B6 yang memberikan tambahan energi.

Meningkatkan kekuatan otak

Kandungan kolin dapat ditemukan di telur. Begitu juga dengan vitamin B dan lemak tak jenuh tunggal yang diketahui mendukung fungsi otak dan sistem saraf yang sehat. Telur dalam sarapan juga kaya protein yang dapat membantu meningkatkan memori dan kinerja otak.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini