nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Pakai Hairdryer atau Catokan? Ini Trik Merawat Rambut biar Tetap Sehat

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 22 April 2019 20:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 22 611 2046617 sering-pakai-hairdryer-atau-catokan-ini-trik-merawat-rambut-biar-tetap-sehat-Tt4Bzb9PE8.jpg Tips jitu merawat rambut biar tetap sehat (Foto: Template)

TIDAK bisa disangkal, rambut adalah bagian tubuh yang sangat penting untuk menunjang penampilan, pria maupun wanita.

Maka dari itu, rambut memang harus senantiasa dijaga tetap sehat. Definisi akan rambut sehat itu sendiri ialah rambut yang berkilat, ujungnya rata atau tidak bercabang, dan kuat atau dengan tidak mudah rontok, seperti yang dijelaskan oleh dr. Gloria Novelita,SpKK selaku dokter kulit dari Skin&Co Skincare Laser Clinic.

“Definisi rambut sehat adalah berkilat, ujungnya rata tidakpecah dan kuat. Secara medis dapat dijelaskan, ada alasan mengapa rambut sehat harus berkilat. Batang rambut dapatbersinar ketika terkena sinar matahari, karena permukaannya rata, sehingga ia bisa memantulkan sinar matahari dengan sempurna,” jelas dr.Gloria saat ditemui Senin (22/4/2019) di kawasan Jakarta Selatan.

 BACA JUGA : 5 Tips Makan Sehat untuk Mengurangi Lemak di Perut

Struktur rambut diketahui terdiri dari kutikula, korteks dan medula. Kutikula ini bentuknya seperti sisik yang bertumpuk,bertujuan untuk melapisi korteks. Korteks ini sendiri, diketahui adalah bagian penting rambut sebab di dalamnya berisi keratin atau protein rambut yang mengatur kekuatan rambut. Selain itu di sini jugalah terkandung serat dan pigmen warna rambut. Nah, kesehatan korteks ini tergantung dari kutikula.

Tahukah Anda, bahwa idealnya bagian kutikula ini tidak boleh terbuka, karena membuat korteks jadi terpapar dan mudah rusak. Tapi sayangnya, aktivitas sehari-hari rambut yaitu penggunaan alat styling rambut misalnya pemakaian catokan, hair dryer, alat curling dan sebagainya nyatanya jadi salah satu penyebab kerusakan batang rambut.

 panas yang dihasilkan alat styling hair stye akan meningkatkan suhu air yang ada di akar rambut.

Pasalnya, panas yang dihasilkan alat styling hair stye akan meningkatkan suhu air yang ada di akar rambut. Panas yang tiba-tiba akan membuat air di akar rambut menjadi uap dan akhirnya membentuk jadi gelembung-gelembung dengan tekanan tinggi di batang rambut. Rambut menjadi rapuh dan mudah patah.

Lalu bagaimana jika pada kenyataannya, sehari-hari saat beraktivitas kita masih belum bisa mengurangi frekuensi pemakaian alat styling rambut karena butuh tampilan rambut yang sempurna dalam waktu singkat namun tetap ingin kesehatan rambut terjaga? Jawabannya ialah dengan melakukan perawatan rambut yang tepat.

dr.Gloria menyarankan, jika memang harus tetap menggunakan alat styling rambut setiap hari, maka perlu dilakukan perawatan rambut ekstra. Caranya yakni melakoni perawatan internal dan eksternal.

Perawatan internal ialah memperhatikan apa yang dimakan. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan rambut misalnya vitamin A yakni contohnya tomat, ubi, wortel. Lalu vitamin C dari buah jeruk, pro vitamin B5 dari daging ayam atau telur, dan vitamin E dari alpukat atau kacang-kacangan.

Sedangkan perawatan eksternal yaitu memberikan vitamin perlindungan rambut terutama di permukaan batang rambut, pada saat kondisi rambut setengah kering seusai keramas.

 BACA JUGA : Beauty Influencer hingga Hair Stylist Bakal Meriahkan Female Chat Box With Dove

Sebagai catatan, perawatan rambut ini tidak bisa dilakukan instan tapi harus dilakoni berkala secara konsisten.

“Perawatan rambut sebaiknya dilakukan secara rutin untuk pencegahan maupun perawatan bagi yang terlanjur rusak. Harus dipahamo bahwa perawatan rambut tidak instan. Stylingnya setiap hari pula,” tutup dr.Gloria

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini