nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mana Lebih Bagus, Keringkan Rambut dengan Kipas Angin atau Hair Dryer?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 22 April 2019 21:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 04 22 611 2046699 mana-lebih-bagus-keringkan-rambut-dengan-kipas-angin-atau-hair-dryer-GeZ774zy49.jpg Mengeringkan rambut dengan kipas atau hair dryer? (Foto: Thehealthsite)

URUSAN keramas, atau dengan kata lain mencuci rambut memang setiap orang memiliki kebiasaannya masing-masing. Mulai dari soal teknik mencuci rambut, penggunaan sampo, sampai soal cara bagaimana mengeringkan rambut.

Bicara soal metode mengeringkan rambut usai keramas. Walaupun banyak orang yang memilih mengeringkan rambut secara instan dengn menggunakan bantuan alat pengering yaitu hair dryer. Namun tentunya masih banyak juga orang yang lebih memilih untuk mengeringkan rambut dengan cara konvensional, yakni langsung mengeringkannya di depan kipas angin.

Baca Juga: Janda-Janda Strong, Foto Nomor 4 Awas Lihatnya Gak Bakal Kuat!

Tetapi sebetulnya, jika ditelisik dari segi kesehatan rambut apakah cara mengeringkan rambut usai keramas dengan cara manual menggunakan kipas angin ini dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan batang rambut, kutikula, dan kulit kepala secara menyeluruh? Menjawab pertanyaan tersebut, maka Okezone pun bertanya kepada dr.Gloria Novelita SpKK sebagai dokter kulit.

“Mengeringkan rambut di depan kipas angin? Boleh banget, rekomendasi sebetulnya,” ujar dr.Gloria kala ditemui Okezone, Senin (22/4/2019) di bilangan Mayestik, Jakarta Selatan.

 Pemakaian alat pengering rambut, pada dasarnya tetap diperbolehkan namun tetap ada catatan tertentu.

Dalam kesempatan yang sama, dr.Gloria menambahkan jika memang kepadatan aktivitas sehari-hari tidak memungkinkan untuk mengeringkan rambut memakai kipas angin karena cukup memakan waktu. Pemakaian alat pengering rambut, pada dasarnya tetap diperbolehkan namun tetap ada catatan tertentu.

Baca Juga: Kena Kasus Penghinaan, Intip Modisnya Istri Andre Taulany

“Kalau pakai alat, misalnya di blow-dry itu tetap ya awalnya dikeringkan pakai handuk dulu dan tidak perlu digosok keras, diucek dengan seksama. Di blow-dry dalam keadaan rambut setengah kering. Hair dryer nya disetel yang cooler speed tinggi sehingga angin dinginnya kencang,” pungkas dr.Gloria.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini