nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Pengusaha Cantik Dunia Fashion yang Jadi Inspirasi Milenial

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 20:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 04 24 194 2047570 3-pengusaha-cantik-dunia-fashion-yang-jadi-inspirasi-milenial-q6w9hgX4IN.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIDAK sedikit orang menyebut bahwa memulai usaha di dunia fesyen atau clothing line gampang-gampang susah. Siapa bilang? Buktinya tiga perempuan cantik ini bisa membesarkan bisnisnya sendiri, yang tentu menginspirasi.

Para womenpreuner cantik tersebut bahkan berbagi pengalaman dalam merintis usahanya. Banyak kendala sampai pengalaman pahit yang mereka alami.

Mereka pun dianggap sebagai panutan bagi generasi milenial, yang ingin terjun di dunia bisnis fesyen. Kira-kira siapa sajakah mereka? Dirangkum Okezone, Rabu (24/4/2019), berikut ulasan selengkapnya!

Baca Juga: Intip Gaya Hot Mom Jennifer Bachdim Pakai Bikini di Kolam Renang


Dinda Dwi Wahyuni

Pengusaha perempuan yang bergelut di dunia fesyen ini, punya kisah menarik dalam membangun bisnisnya. Bermula dari keputusannya untuk berhenti bekerja demi jadi ibu rumah tangga, Pemilik Pulchra Gallery tak menyangka bisa membesarkan bisnisnya.

Sejak 2003 Dinda menggeluti bisnis modest wear yang kian punya banyak peminat. Bahkan awalnya, dia nekat membuka toko grosir di Pasar Tanah Abang.

Karena dia sengaja berbisnis secara serius demi membantu ekonomi keluarga, ekspansi pun mulai dilakukan. Tak hanya merintis galeri, tapi juga bergabung dengan e-commerce.

Meski semakin besar pendapatannya, bukan berarti dia tak pernah gagal. Dinda mengalami dua kali kerugian yang cukup besar, dengan nilai puluhan juta rupiah. Rupanya it disebabkan karena adanya kegagalan produksi.

"Meskipun saat itu sangat sedih dan sempat down, saya bertekad untuk bangkit lagi. Saya anggap itu adalah sebuah ujian dan nilai kerugiannya adalah ‘uang sekolah’ saya," ucapnya.

Lalu, Dinda tetap gigih membangun bisnisnya kembali, karena semua orang yang terlibat dalam usaha ini sangat mendukung. Mereka semua ingin cepat Dinda bangkit dan memperbarui usahanya.

"Orang-orang di sekitar saya tidak butuh melihat saya sedih dan penuh air mata. Mereka ingin dan butuh saya kembali bangkit dengan cepat dan dua kali lebih kuat," pungkasnya dengan nada menyentuh.

Baca Juga: Viral Foto Bayi Mirip Prabowo di Medsos, Netizen: Semoga Jadi Presiden


Mutiara Kamila Athiyya

Jiwa entrepreneur sudah dimiliki Mutiara Kamila Athiyya sejak dirinya duduk di bangku sekolah dasar. Berawal dari berjualan mainan saat SD, di usia remajanya, tepatnya saat duduk di SMA, Mutiara merintis sebuah clothing line sendiri.

THENBLANK kemudian lahir menawarkan tiga nilai penting untuk perempuan Indonesia bernuansa easy design, easy to get, and easy to wear.

“Kendala yang paling dirasakan adalah di saat harus membagi waktu sekolah dan bisnis. Terlebih ketika sudah masuk ke perguruan tinggi,” terang Mutiara.

Banyak pengalaman bisnisnya yang membuat dia merugi. Mulai dari ditipu oleh pelanggan, hingga kesalahan produksi yang mengakibatkan ribuan produk yang tidak bisa dijual. Namun, berkat kegigihannya, usahanya pun semakin eksis di dunia fesyen.

Dia pun mengungkap rahasia kepada generasi milenial yang ingin berbisnis clothing. Tak hanya modal yang besar disiapkan, melainkan inovasi.

“Jangan pernah berhenti berinovasi. Inovasi adalah kunci berkembangnya suatu bisnis. Be the one smarter, faster, and better. Bisnis yang baik bukan dilihat sekadar dari nilainya saja, tapi bermanfaat untuk lingkungan sekitar," tuturnya.

Regina Rafika

Regina sudah cukup lama mendirikan ATS The Label. Fashion line dengan konsep minimalis elegan ini pastinya dicintai kaum milenial.

Regina sangat tak asing dalam membangun bisnisnya tersebut karena nyambi kuliah di Instituto di Moda Burgo Indonesia. Dari situlah, Regina mulai terpikir untuk membuat women’s fashion brand yang trendi.

Dalam menjual produknya, banyak suka duka yang dibagikan, apalagi bergabung dengan sebuah webstore yang dibuat di SIRCLO. Dia tak perlu kesulitan memasarkan produknya, apalagi deskripsi barang sudah detail.

“Zaman sekarang, pencinta fesyen bisa menerima dan menggunakan platform online selling secara efektif. Begitu juga dengan pemilik usaha jadi dimudahkan," tutur Regina.

Apalagi buat generasi milenial yang masih baru di dunia bisnis. Mulailah usaha dari yang kecil-kecil dulu, jangan langsung mengeluarkan modal dan upaya yang terlalu besar.

"Bukan untuk main aman, tapi harus bisa menilai potensi produk di pasar. Selain itu dapat mengasah kemampuan untuk berjualan, baik online maupun offline," tutupnya.

1 / 2
GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini