nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ubah Tampilan Taman agar Tetap Segar

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Rabu 24 April 2019 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 24 196 2047561 ubah-tampilan-taman-agar-tetap-segar-ibELrDimlO.jpg Tanaman (Foto: Sansevier)

SELAIN menghasilkan oksigen, tanaman dapat membuat suasana teras lebih hidup. Space minim bukan alasan untuk tidak menghijaukan ruang transisi antara area luar dan dalam ini. Berbagai jenis tanaman pun bisa Anda letakkan dengan berbagai cara. Seni penataan tanaman di area teras tidak terbatas hanya meng - gunakan pot dan meletakkannya di lantai.

Ada banyak cara untuk menyegarkan area teras Anda. Teras merupakan area transisi yang bersentuhan langsung dengan udara dan cuaca. Ini merupakan salah satu kelebihan dari meletakkan tanaman di teras dibandingkan di indoor.

Sinar matahari yang cukup dapat membuat tanaman tumbuh lebih subur. “Teras memiliki berbagai elemen arsitektural yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat meletakkan tanaman.

Baca juga :

Kita bisa menghijaukan lantai, meja, rangka atap, hingga hiasan dinding. Peletakannya pun bisa kita buat dengan beragam, dari berdiri tegap di lantai, menggantung, hingga merambat,” ungkap desainer interior Susan Octari Yawhan.

Anda pun bisa menggunakan pot dan tanaman berukuran besar untuk mengaplikasikan tanaman di lantai teras. Jenis tanaman berduri sebaiknya dijauhkan dari area sirkulasi.

“Jika tidak ingin menggunakan medium tanah, pilih tanaman yang dapat tumbuh di medium lain yang lebih bersih, misalnya arang dan sabut kelapa. Medium hidroponik seperti air, kerikil, pasir, spons, dan gel juga bisa dijadikan alternatif untuk menanam tanaman hias,” kata Susan.

Meletakkan tanaman secara random tanpa konsep bukanlah ide bagus. Bagaimanapun, bentuk dan gaya bangunan cukup memengaruhi keputusan Anda dalam memilih jenis tanaman dan peletakannya.

Bila teras Anda berbentuk simetris dengan pintu masuk di tengah, Anda dapat meletakkan pot penjaga atau penyambut di kedua sisi pintu agar seimbang. Sedangkan untuk teras yang berbentuk asimetris, Anda bisa meletakkan tanaman dengan bebas.

Anda pun harus mencocokkan jenis tanaman dan potnya dengan desain teras. Pot berornamen, tanaman bunga, dan tanaman daun berbentuk ramai kurang cocok diaplikasikan di gaya teras minimalis.

“Pilih tanaman yang tidak terlalu ramai dan berwarnawarni untuk gaya hunian minimalis. Sedangkan, hunian bergaya tropis natural lebih fleksibel untuk pemilihan jenis tanamannya,” ungkap Susan.

Kombinasi tanaman dengan elemen arsitektural yang ada di teras dapat membuat suasana lebih atraktif dan hidup. Jika Anda ingin berkreasi sendiri dan memberikan sentuhan personal, planter bench atau bangku yang dirancang menyatu dengan pot bisa menjadi furnitur menarik di teras.

Plant stand atau rak tanaman juga dapat Anda desain sendiri dan disesuaikan dengan gaya dan luas teras. Jika teras Anda dibatasi dengan railing atau dinding setengah, pilih pot dan tanaman terbaik untuk dijadikan display yang cantik. Selamat mencoba!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini